spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Jenis-jenis Burung Murai Batu

    FOKUSJabar.id: Murai batu adalah salah satu jenis burung murai yang sangat populer di kalangan pecinta burung. Mereka memiliki kicauan yang merdu dan warna bulu yang cantik. Berikut jenis-jenis burung murai batu yang populer:

    Murai Batu Medan (Copsychus malabaricus): Murai batu Medan adalah salah satu jenis yang paling terkenal. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dan putih dengan garis-garis yang mencolok. Selain itu murai batu Medan terkenal karena kicauan yang nyaring dan merdu.

    Murai Batu Lampung (Copsychus borneensis): Murai batu Lampung adalah jenis murai batu yang berasal dari wilayah Lampung, Indonesia. Kemudian mereka memiliki bulu berwarna coklat dengan garis-garis putih di bagian dada dan ekor. Walaupun demikian murai batu Lampung juga sangat terkenal.

    Murai Batu Sumatera (Copsychus malabaricus): Murai batu Sumatera adalah subspesies dari murai batu yang terlihat di pulau Sumatera, Indonesia. Mereka mirip dengan murai batu Medan dalam hal penampilan dan kicauan.

    Murai Batu Kalimantan (Copsychus borneensis): Murai batu Kalimantan adalah jenis murai batu dari Kalimantan, Indonesia. Mereka memiliki bulu berwarna coklat dengan garis-garis putih yang mencolok. Kemudian kicauan mereka juga menjadi perhatian dan memiliki harga bagi pecinta burung.

    Murai Batu Thailand (Copsychus saularis): Murai batu Thailand adalah subspesies murai batu dari Thailand dan beberapa wilayah tetangga. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dan putih, mirip dengan murai batu Medan.

    Lebih Mengenal Jenis-jenis Burung Murai Batu

    Murai Batu India (Copsychus malabaricus): Murai batu India adalah subspesies dari India. Dengan demikian mereka memiliki karakteristik serupa dengan murai batu Medan dalam hal warna bulu dan kicauan yang indah.

    Murai Batu Malaysia (Copsychus malabaricus): Murai batu Malaysia adalah subspesies dari Malaysia. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dan putih dengan garis-garis mencolok di bagian tubuhnya.

    Murai Batu Filipina (Copsychus malabaricus): Murai batu Filipina adalah subspesies dari di Filipina. Kemudian mereka juga memiliki ciri-ciri serupa dengan murai batu Medan dalam hal penampilan dan kicauan.

    Setiap jenis murai batu memiliki karakteristik dan ciri khasnya sendiri. Lebih lanjut, perlu menjadi perhatian bahwa upaya konservasi dan peraturan perlindungan satwa liar dapat berlaku untuk beberapa jenis burung murai batu.

    Apalagi jenis-jenis burung murai batu yang terancam punah atau terbatas pada habitat tertentu. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk memiliki atau memelihara murai batu, penting untuk mematuhi aturan dan pedoman yang berlaku di wilayah Anda.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img