spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Buah Bacang, Si Buah Ajaib yang Merawat Kesehatan Anda

    FOKUSJabar.id: Buah Bacang, jika Anda selama ini hanya mengenal bacang sebagai makanan khas masyarakat Tionghoa yang mirip lontong, maka inilah saatnya Anda mengenali sisi lain dari bacang. 

    Ternyata, bacang juga merupakan sejenis buah yang memiliki kandungan yang tak kalah menarik dengan saudaranya, yaitu mangga. 

    Berikut berbagai manfaat luar biasa yang terkandung dalam buah bacang yang mungkin belum Anda ketahui.

    Buah Bacang: Mirip Mangga, Tapi Berbeda

    Bacang, yang memiliki nama ilmiah Mangifera foetida lour, memang memiliki banyak kesamaan dengan mangga dalam hal bentuk, warna kulit, dan tekstur daging buahnya. 

    Namun, perbedaan utama dapat terlihat dari rasanya yang berbeda. Memiliki warna kulit yang cenderung kuning pucat saat matang, sedangkan mangga cenderung berwarna oranye.

    Kandungan nutrisi dalam buah bacang juga sangat mengesankan, termasuk:

    • Air (72,2 gram)
    • Karbohidrat (24,4 gram)
    • Protein (1,4 gram)
    • Lemak (0,2 gram)
    • Kalsium (21 miligram)
    • Fosfor (15 miligram)
    • Vitamin A (1218 IU)
    • Vitamin B1 (0,03 miligram)
    • Vitamin C (56 miligram)
    • Kalori (98 Kkal)

    Manfaat Luar Biasa Buah Bacang

    1. Mengatasi Dehidrasi

    Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Ini bisa menyebabkan gejala seperti kelemahan dan pusing. 

    Untuk mengatasi dehidrasi, Anda perlu meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Adalah solusi yang efektif karena mengandung 72,2 gram air. 

    Bahkan jika Anda tidak dehidrasi, mengonsumsi buah bacang secara teratur dapat membantu menjaga kadar cairan tubuh tetap terpenuhi.

    2. Menjaga dan Mengoptimalkan Stamina Tubuh

    Untuk menjaga stamina tubuh agar tetap optimal, adalah pilihan yang tepat. Kandungan karbohidrat dalam buah ini berperan penting dalam menjaga energi tubuh. 

    Namun, jangan lupa untuk seimbangkan dengan asupan energi lainnya dan gaya hidup sehat.

    3. Membantu Program Diet

    Sumber energi yang baik tanpa kandungan lemak yang tinggi. Ini membuatnya ideal untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil. 

    Bagi mereka yang menjalani program penurunan berat badan, buah bacang harus masuk dalam menu sehat harian mereka.

    4. Merawat Otak

    Kaya akan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu merawat fungsi otak. Ini bahkan dapat membantu mencegah penyakit seperti Alzheimer dan tumor otak.

    5. Merawat Paru-Paru

    Selain otak, buah bacang juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan Anda. 

    Baca Juga: Diet Seimbang untuk Pekerja Sibuk: Mempertahankan Kesehatan di Tengah Keriuhan

    Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, mengkonsumsi buah bacang dapat menjadi bagian penting dari perawatan paru-paru Anda.

    6. Melancarkan Peredaran Darah

    Darah adalah pengantar utama oksigen dan nutrisi ke organ-organ tubuh. Dengan kandungan airnya yang tinggi, membantu menjaga aliran darah yang lancar. Ini penting untuk memastikan organ tubuh menerima pasokan yang cukup.

    7. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Vitamin C dalam buah ini adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Ini membantu tubuh melawan serangan penyakit yang berasal dari virus, bakteri, atau jamur.

    8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

    Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi untuk menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandungnya. 

    Adalah pilihan yang baik karena menyediakan sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung pertumbuhan janin.

    9. Menetralisir Racun

    Mengonsumsi buah bacang secara rutin diklaim dapat meningkatkan fungsi hati. Ini membantu tubuh untuk menetralisir racun sebelum mereka dapat merusak tubuh.

    10. Merawat Kesehatan Mata

    Kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Ini juga membantu dalam pertumbuhan tulang, mencegah jerawat, mendukung tumbuh kembang janin, dan menjaga kesehatan tulang.

    11. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

    Kalsium dan fosfornya membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Fosfor juga memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh lainnya.

    Menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, jangan ragu untuk menambahkannya dalam menu makanan sehari-hari Anda. 

    Dengan begitu, Anda dapat merasakan manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh buah yang juga dikenal sebagai mangga bacang ini. 

    Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk hidup lebih sehat dengan memasukkan buah bacang dalam pola makan Anda!

    (Erwin/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img