spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Sapawarga Jabar Super Apps Solusi Layanan Publik yang Tepat di Era Ridwan Kamil

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mengatasi masalah populasi sebesar 49,9 juta jiwa untuk memberikan pelayanan publik yang baik pemerintah provinsi Jabar mengembangkan sejumlah sistem digital Sapawarga Super Apps. 

    Program Sapawarga Jabar Super Apps untuk menjawab tantangan populasi Jabar yang ada di Jabar sebagai solusi inovatif. 

    Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat, Juwanda mengatakan, dalam aplikasi ini semua layanan masuk dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Jawa Barat.

    “Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat ke dalam satu platform, mulai dari informasi hingga transaksional,” kata Juwanda. 

    BACA JUGA: Setelah Menarik Mandat, Presidium Segera Mempersiapkan Musdalub PD X GM FKPPI Jabar

    Kemudian menurutnya, beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya adalah pembayaran pajak kendaraan, lowongan pekerjaan, perizinan usaha, pembelian tiket wahana publik, pendidikan, kesehatan, kegiatan RW, dan berita terkini terkait Jawa Barat.

    “Sapawarga Jabar Super Apps juga berhasil menyederhanakan proses transaksional di layanan publik, seperti pembayaran pajak kendaraan yang sebelumnya membutuhkan 17 langkah, tetapi melalui Sapawarga, cukup dilakukan dalam 4 langkah saja,” kata dia.

    Data menunjukkan bahwa sebanyak 1.905.688 keluarga telah menerima manfaat bansos bagi masyarakat terdampak covid selama tahun 2020, setelah ketua RW berhasil melakukan verifikasi data dengan lebih efisien melalui aplikasi ini.

    Selain itu, pada saat terjadi kelangkaan minyak goreng di tahun 2022, program Pemirsa Budiman telah memberikan manfaat bagi 118.135 keluarga. Masyarakat melalui ketua RW melakukan pemesanan minyak goreng bersubsidi secara online dan langsung dikirim ke rumah masing-masing warga dalam rangka mengurangi kerumunan terutama dalam masa pandemi Covid-19.

    Implementasi Sapawarga Jabar Super Apps memberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas layanan publik di Jawa Barat. Setidaknya terdapat 126.745 masyarakat yang telah mengakses Sapawarga dengan 62.960 monthly active user.

    BACA JUGA: Diskominfo Jabar Diseminasi Aplikasi Sapawarga Kepada Ketua RW

    “Masalah akses yang sebelumnya meresahkan masyarakat Jawa Barat, kini telah diatasi melalui Sapawarga Jabar Super Apps. Sebelumnya, banyak organisasi penyedia layanan publik yang membangun aplikasi sendiri dengan standar yang berbeda, tanpa adanya integrasi dan berbagi data,” kata dia.

    Ia menambahkan, pengguna harus melalui tahapan yang berulang di setiap aplikasi yang mereka gunakan. 

    “Kini Sapawarga mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat menjadi satu aplikasi yang menyediakan fitur dari mulai informasi, layanan interaktif, hingga layanan transaksional,” ujar dia.

    Berita Terbaru

    spot_img