spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Kobaran Si Jago Merah Hanguskan PT Albasiah Bojongmengger Ciamis, Damkar: Kronologis Belum Diketahui

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: PT. Albasiah Kawasan Berserikat Nusantara (KBN) yang berlokasi di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis mengalami musibah kebakaran, Selasa (15/8/2023).

    Dalam sekejap kobaran si jago merah melalap bangunan PT beserta isinya yang berisi bahan-bahan yang mudah terbakar hasil produksi kayu kering.

    BACA JUGA: Pabrik Pengolahan Kayu di Cijeungjing Ciamis Terbakar

    Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ciamis Yusmana mengatakan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

    “Kami menerima laporan sekitar pukul 09.00 WIB, setelah menerima laporan tim Damkar Ciamis langsung terjun ke lokasi,” kata dia.

    Namun, dia mengungkapkan bahwa untuk kronologis kejadian belum diketahui secara pasti karena kebakaran di PT Albasiah Bojongmengger tersebut biasanya terjadi di pengolahan bubuk gergaji tetapi kali ini dibagian produksi.

    BACA JUGA: Mahasiswa UNPAR Bandung Pelajari Kampung Kerukunan Umat Beragama di Ciamis

    “Untuk kronologis kami belum bisa menjelaskan, setiap tahun memang sering terjadi kebakaran di PT ini tapi sekarang kebakaran na di bagian produksi,” ucapnya.

    Menurutnya, api sangat sulit dipadamkan karena banya faktor dari mulai kondisi angin yang sangat kencang dan bahan bahan di dalam PT yang mudah terbakar seperti kayu.

    “Untuk pemadaman ini kami damkar Ciamis menerjunkan 6 mobil Damkar dibantu 1 mobil damkar dari Banjar, 1 unit mobil DPRKPLH dan 1 unit mobil BPBD Ciamis,” ungkapnya.

    Pantuan di lokasi, hingga Pukul 11.30 WIB kobaran si jago merah belum bisa dipadamkan api masih begitu kencang merambat membakar seluruh isi bangunan.

    Ditengah pekat nya asap hitam yang begitu tebal para petugas pemadam kebakaran masih berjibaku guna menjinakkan api tersebut.

    Selain itu, para karyawan juga berhamburan menyelamatkan diri dari kobaran api yang semakin besar tersebut.

    Terlihat juga warga yang rumahnya berlokasi di sekitar PT mulai merasa cemas karena dikhawatirkan api merambat.

    Hingga berita ini diterbitkan, kronologis kejadian mengenai penyebab kebakaran belum bisa dikatahui secara pasti, untuk itu kami masih menunggu kronologis yang lebih detail dari pihak berwenang.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img