spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    67 Atlet Ikuti Selekda Gulat Jabar, Kabupaten Bandung Raih Juara Terbanyak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 67 atlet gulat dari 16 kota dan kabupaten mengikuti pelaksanaan seleksi daerah (selekda) untuk pembentukan tim gulat Jawa Barat menghadapi babak kualifikasi PON XXI. Pelaksanaan selekda digelar di GOR Gulat Jabar, komplek olahraga Pajajaran Kota Bandung, Sabtu-Minggu (12-13/8/2023).

    Pelaksanaan selekda digelar di 19 kelas pertandingan. Terbagi di nomor gaya bebas putra sebanyak 7 kelas, gaya grego putra sebanyak 7 kelas, dan kelas putri sebanyak 5 kelas.

    “Pelaksanaan selekda ini untuk mencari atlet gulat terbaik yang akan menjadi bagian tim Jabar untuk menghadapi babak kualifikasi PON XXI yang rencananya digelar di Jakarta pada Setember 2023,” kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar, Arif Hardiana usai membuka secara resmi pelaksanaan selekda, Sabtu (12/8/2023).

    fokusjabar.id selekda gulat Jabar
    Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar, Arif Hardiana membuka pelaksanaan selekda Gulat Jabar. (FOTO: Ageng)

    Arif mengatakan, gulat merupakan salah satu cabang olahraga andalan Jabar di berbagai multieven kejuaraan seperti PON. Bahkan dalam tiga pelaksanaan PON sebelumnya, tim gulat Jabar tidak pernah gagal menyumbang medali emas.

    Pada pelaksanaan PON XVIII tahun 2012 di Riau, tim Gulat Jabar berhasil meraih satu medali emas dan 6 perunggu. Lalu pada PON XIX, Jabar keluar sebagai juara umum cabang olahraga gulat dengan raihan 7 medali emas, 7 perak, 6 perunggu.

    “Pada PON XX di Papua, cabang olahraga gulat menyumbangkan 2 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Untuk itu, kami sangat berharap selekda kali ini bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik untuk menjaga tradisi medali emas gulat Jabar atau bahkan mengulang sukses PON XIX sekaligus mendukung pencapaian target Jabar hattrick Juara,” Arif menegaskan.

    fokusjabar.id selekda gulat Jabar
    Pertandingan selekda gulat Jabar di kelas 130 kg gaya grego. (FOTO: Ageng)

    Sementara dari hasil pelaksanaan selekda, Kabupaten Bandung berhasil menempatkan atletnya sebagai juara selekda di delapan kelas. Yakni di kelas 57 kg gaya bebas putra, 65 kg gaya bebas putra, 86 kg gaya bebas putra, 97 kg gaya bebas putra, 55 kg gaya greco putra, 63 kg gaya greco putra, 87 kg gaya greco putra, serta 68 kg gulat putri.

    fokusjabar.id selekda gulat Jabar
    Pertandingan selekda gulat Jabar di kelas 57 kg putri. (FOTO: Ageng)

    Disusul Kabupaten Bandung Barat yang meraih dua gelar juara di kelas 50 kg gulat putri dan 53 kg gulat putri. Lalu Kota Bandung di kelas 130 kg gaya greco putra dan 57 kg gulat putri.

    Kabupaten Cirebon pun meraih dua gelar juara di kelas 77 kg gaya greco putra dan 97 kg gaya greco putra. Sementara Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cirebon masing-masing meraih satu gelar juara.

    fokusjabar.id selekda gulat Jabar
    Selekda Gulat untuk pembentukan tim Jabar menghadapi babak kualifikasi PON XXI. (FOTO: Ageng)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img