spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Orang Sakit di Ciamis Bisa Membuat KTP di Rumah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) menyediakan dan mengoptimalkan inovasi layanan Jempol Si Manis (Jemput Bola Siap Melayani Masyarakat Ciamis).

    Jempol Si Manis sebuah layanan untuk masyarakat yang sedang sakit, lansia dan para penyandang disabilitas dengan cara jemput bola ke rumah-rumah warga.

    Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Ciamis, Yayan Muhammad Sopyan, pihaknya memiliki beberapa layanan inovasi. Salah satunya Jempol Si Manis.

    BACA JUGA: Disdukcapil Ciamis Permudah Pengantin Baru Mendapat KK dan KTP

    “Layanan ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan adminduk namun kondisinya tidak memungkinkan datang ke Disdukcapil. Dengan Jempol Si Manis, Kami datangi mereka,” katanya, Jumat (11/8/2023).

    Yayan menuturkan, program inovasi jemput bola adminduk ini berupa perekaman e-KTP untuk mendukung kebutuhan masyarakat sekaligus mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Ciamis.

    BACA JUGA: Disnakan Ciamis Hibahkan DOC Ayam Sentul

    “Kami terus mendukung kesetaraan hak bagi para penyandang disabilitas dengan mengoptimalkan dan memberikan mempermudah layanan kepada mereka,” ucapnya.

    Yayan melanjutkan, inovasi yang dilakukan untuk mengimplementasikan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi.

    “Pemenuhan hak-hak disabilitas sesuai dengan regulasi dapat dilakukan guna mewujudkan kesejahteraan secara menyeluruh bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” ucapnya.

    Rosid warga Kelurahan Linggasari Ciamis mengaku sangat terbantu dengan program jemput bola Disdukcapil.

    Terlebih, Dirinya saat ini sangat membutuhkan adminduk (KTP). Namun karena kondisinya tidak memungkinkan tidak bisa datang ke Kantor Disdukcapil pasca kakinya tertimpa pohon kelapa.

    “Alhamdulillah Saya sangat terbantu. Terima kasih Disdukcapil telah datang ke rumah untuk melakukan perekaman KTP. Terima kasih juga buat Pak Bupati, Herdiat Sunarya ,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bamabang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img