spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Digelar Sederhana, Asia Africa Festival 2023 Didatangi dari 17 Negara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ribuan masyarakat kota Bandung antusias padati jalan Asia Afrika untuk menyaksikan kirab budaya pada monentum Asia Africa Festival (AFF) 2023.

    Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna merasa senang dengan digelarnya AFF di tahun ini. Meski dilaksanakan secara sederhana, AAF tetap mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

    “Alhamdulillah, walau pun sudah berhenti selama tiga tahun karena pandemi, tetapi AAF tepat mendapat animo sangat luar biasa. Dan juga dibuktikan oleh negara-negara yang terlibat dalam peristiwa Asia Afrika dan semua pihak yang terlibat,” kata Ema Sumarna saat ditemui di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika Kota Bandung Jabar Sabtu (29/7/2023).

    BACA JUGA: Besok, Kirab Budaya Bakal Meriahkan Asia Africa Festival

    Menurutnya, AAF 2023 tidak berbeda jauh dengan gelaran AAF sebelumnya. Hanya saja jumlah partisipan di tahun ini tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, kondisi itu terbilang wajar dan dapat dimaklumi.

    Ribuan masyarakat kota Bandung antusias padati jalan Asia Afrika kota Bandung untuk menyaksikan kirab budaya pada monentum Asia Afrika Festival (AFF) 2023. (Foto: Yusuf Mugni)

    “Kalau jumlahnya tidak sebanyak tahun lalu, saya pikir wajar. Ini masa recovery. Tetapi dengan kedatangan ada 17 negara, dan enam negara yang ikut langsung berpartisipasi dalam kegiatan, ini adalah hal positif. Dan kita menyambut baik dan apresiasi,” ucapnya.

    Ema menyebut, AAF 2023 mengambil tema Universe Of Creative Culture. Kegiatan diisi berbagai pertunjukan kebudayaan, seni dan juga bermacam kreativitas dari perwakilan masing-masing kabupaten/kota dan negara masing-masing.

    Ema pun berharap, kegiatan AAF 2023 dapat berkontribusi kepada indeks kebahagiaan masyarakat, dan juga bisa memberikan hal positif pada pergerakan ekonomi di Kota Bandung. Tentunya hal tersebut akan berujung pada pendapatan asli daerah (PAD).

    “Dan kita turut bergembira karena unsur pimpinan kota juga hadir. Artinya semua pimpinan kota termasuk pimpinan yang lebih tinggi memberikan dukungan. Mudah-mudahan ini juga berkontribusi kepada penguatan citra negara Indonesia,” ungkapnya.

    BACA JUGA: Dishub Bandung Siapakan Sejumlah Kantong Parkir Saat Asia Africa Festival

    Perasaan senang diungkap ibu paruh baya Mariatul Azmi. Wanita asal Provinsi Sumatera tersebut, mengaku begitu senang dengan digelarnya AAF 2023. Mariatul Azmi sengaja datang bersama buah hatinya hanya untuk menyaksikan parade budaya.

    “Bagus juga acara seperti ini di Kota Bandung, sebelumnya juga kan tidak ada event karena pandemi. Kebetulan saya lagi berada di Bandung, dan saya sengaja ingin melihat secara langsung bersama anak saya dan saya sangat senang,” kata Mariatul Azmi.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img