spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Sengketa Kebun Binatang Bandung, Masyarakat Bisa Masuk Gratis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan, Kebun Binatang Bandung tetap beroperasi meski akan memasuki proses penyegelan setelah dilayangkannya surat peringatan terakhir.

    “Tidak ada alih fungsi. Kita tetap pastikan lahan kebun binatang menjadi kawasan konservasi. Saya garis bawahi, tentunya yang dimaksud pengamanan itu aset tanah bukan masalah operasional kebun binatang. Karena Kebun Binatang Bandung akan tetap beroperasi,” kata Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna usai memimpin rapat pengamanan aset Bandung Zoo di Balai Kota Jalan Wastukencana Jabar Senin (24/7/2023).

    Ema menyebut, jika nantinya dilakukan proses penyegelan lahan Bandung Zoo, pihaknya sudah menggandeng Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) untuk memastikan keberlangsungan hidup satwa yang ada di Bandung Zoo.

    “Jadi kalau saya lihat masih operasional, tapi kalau nanti bukan yayasan yang mengambil alih. Nanti operasionalnya tidak dalam posisi untuk berbayar. Untuk sementara jadi gratis karena sudah tidak ada lagi yang operasionalkan. Toh PKSBI itu hanya menjaga keberlangsungan hidup satwa, mereka tidak dalam posisi berbisnis seperti yang sekarang dilakukan oleh Yayasan (Margasatwa Tamansari),” ucapnya.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Akan Segera Segel Lahan Kebun Binatang Bandung

    Berdasarkan data Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), total jumlah hewan yang ada di Bandung zoo mencapai 664 satwa yang terbagi ke dalam 123 jenis.

    Kata dia, satwa yang ada di Bandung Zoo pun beragam kepemilikan ada yang milik negara, ada yang milik Taman Safari, dan mungkin ada miliknya yayasan. Jadi perlu ditekankan kita mengamankan aset lahan, bukan tempatnya Oleh karenanya kita gandeng PKBSI untuk menjaga kelangsungan hidup satwa yang ada disana. 

    “Pemda tidak pernah klaim memiliki atau mempunyai kebun binatang. Yang di dimiliki dan diyakini Pemda itu adalah tanahnya, ini harus dipahami betul. Jadi yang kita amankan itu adalah tanah. Kalau Kebun Binatang Bandung itu milik yayasan kebun binatang,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img