spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Bupati Garut Buka MTQ XLIV 2023 di Kecamatan Talegong

    GARUT,FOKUSJabar.id: Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Rudy Gunawan membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023 yang dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Talegong, Senin (3/7/2023).

    Pada kesempatan itu, Bupati Garut melantik Ketua Dewan Hakim, Sasa Sunarsa, Sekretaris (Endang Sutiana) dan Panitera MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023.

    Bupati Garut mengaku bangga, meskipun Talegong merupakan kecamatan yang jaraknya sangat jauh dari pusat kota dan memiliki demografi yang cukup sulit namun bisa sukses melaksanakan kegiatan MTQ.

    Rudy memaklumi jika terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan MTQ. Selain jauh dari pusat kota juga pertama kalinya menjadi tuan rumah.

    BACA JUGA:

    Mantan Bupati Tasikmalaya Sebut Kebijakan Bupati Ade Sugianto Terpopuler

    Rudy mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi yakni tempat menginap sekitar 4 ribu peserta.

    Dia menyebut, meski jarak rumah yang ada di Kecamatan Talegong berjauhan, namun semua peserta merasa nyaman.

    Menurut Rudy, pembukaan MTQ 2023 merupakan yang kelima kalinya menjabat sebagai Bupati Garut.

    Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas qori-qoriah di Kabupaten Garut.

    Pemkab Garut akan tetap konsisten membumikan Al-Qur’an. Bukan saja menyangkut bagaimana membaca dengan baik, namun juga Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman hidup bagi masyarakat.

    Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Garut Sekretaris Panitia tingkat Kabupaten MTQ XLIV, Mekarwati mengatakan, pelaksanaan MTQ di Kecamatan Talegong merupakan keinginan masyarakat setempat.

    Dalam MTQ 2023 diperlombakan 10 cabang dengan 23 golongan. Yakni, tilawah, qira’ah sab’ah, murrotal qur’an, cacat netra/tuna netra, tahfidz, syarhil quran, fahmil quran, khot/kaligrafi, Musabaqoh Menulis Kandungan Al-Quran (M2KQ) dan Tafsir yang diikuti 844 peserta dari 42 kecamatan.

    Menurut Dia, rencananya juara 1 dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pembinaan dan menjadi perwakilan MTQ tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 di Bekasi.

    BACA JUGA:

    Pj Wali Kota Tasikmalaya: HIPMI Berperan Penting Untuk Perekonomian Daerah

    Camat Talegong, Muhamad Badar Hamid mengaku, pihaknya telah melakukan identifikasi terhadap beberapa kendala yang akan mengganggu kenyamanan dan keamanan para kafilah.

    Salah satunya terkait masalah air. Pihaknya sudah melakukan kolaborasi dengan dinas terkait juga melakukan swadaya masyarakat untuk membangun jalur-jalur pengairan baru

    Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan berkolaborasi dengan Disperkim menata Alun-alun Talegong.

    Pihaknya menyiapkan 90 rumah untuk kafilah. Di mana untuk 1 kecamatan menempati 2-3 rumah. Jumlah tersebut belum termasuk dengan rumah yang disiapkan untuk tamu VIP.

    Terkiat anggaran, pihaknya mengeluarkan dana sekitar Rp70 juta. mayoritas swadaya masyarakat.

    Badar mengaku bangga menjadi tuan rumah MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut.

    “Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Talegong,” ungkapnya.

    (Yan Fajari/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img