spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Punya Potensi, Ono Sebut Subang Utara Siap Jadi CDOB

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menyambut baik ditandatanganinya persetujuan Subang Utara sebagai Calon Daerah Otonomi Baru.

    Menurut Ono, Subang Utara mempunyai potensi yang sangat besar, seperti pertanian, perikanan dan indistri dengan Pelabuhan Patimban menjadi magnetnya. Jawa Barat perlu memperjuangkan keadilan fiskal, terlebih selama ini Jabar dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa hanya memiliki 27 kabupaten/kota.

    “Jumlah ini sangat kecil dibandingkan dengan provinsi lainnya dalam hal APBD kabupaten/kota se Jabar. Sehingga Subang Utara ini menjadi CDOB beserta 8 CDOB lainnya yang telah terlebih dahulu diputuskan,” kata Ono saat mendampingi Forum Komunikasi Subang Utara di DPRD Jabar, Selasa (27/6/2023).

    BACA JUGA: Ono Surono Dorong Pemerintah Perkuat Koperasi dengan Regulasi

    Politisi PDIP itu menyebut bahwa Subang Utara memiliki potensi sangat besar, pertanian, perikanan dan industri dengan Pelabuhan Patimban menjadi magnetnya. Subang juga masuk dalam kawasan Rebana yang telah ditetapkan melalui Perpres 87 tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

    “Sehingga Subang Utara akan tumbuh menjadi daerah yang sangat baik untuk bisa mensejahterakan rakyatnya,” kata Ono.

    DPR RI, kata dia, juga terus mendorong agar moratorium bisa segera dicabut. Sambil menunggu moratorium dicabut, pihaknya meminta agar pemerintah daerah dan membangun infrastruktur dasar.

    “Misalnya dimana pusat pemerintahannya, dimana kantor bupatinya, fasilitas layanan pendidikan dan kesehatan, ruang rawat termasuk infrastruktur jalan dan lainnya. Sehingga begitu moratorium dicabut dan tim pemerintah pusat dan DPR RI melakukan kajian, Jawa Barat sudah siap dan lebih layak dibanding daerah lainnya,” kata dia.

    Sebagai CDOB, Subang Utara mempunyai persiapan yang baik, Bupati Subang mendukung penuh terbangunnya infrastruktur dasar, seperti adanya kantor atau pendopo Bupati dan kawasan yang akan dijadikan kantor bupati serta segala infrastruktur penunjang lainnya.

    “Terima kasih kepada Forum Komunikasi Subang Utara Sudi dan kawan-kawan yang telah berjuang selama dua tahun ini. Terima kasih juga kepada Bupati Subang Ruhimat, Ketua DPRD Subang, Narca, Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman, Pimpinan DPRD Jabar Ineu Purwadewi, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img