spot_img
Rabu 17 Juli 2024
spot_img
More

    Peuyeum Bandung: Mencicipi Manisnya Kuliner Khas Sunda

    FOKUSJabar.id: Peuyeum Bandung adalah salah satu makanan tradisional yang terkenal di daerah Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung. Makanan ini terbuat dari singkong yang telah melalui proses fermentasi. 

    Peuyeum memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal, menjadikannya camilan yang populer di kalangan masyarakat Sunda.

    Proses pembuatannya dengan memotong-motong singkong menjadi irisan tipis dan kemudian melakukan fermentasi selama beberapa hari. 

    Fermentasi ini melibatkan ragi alami yang ada di dalam tanah atau daun-daunan. Selama proses fermentasi, singkong akan mengalami perubahan warna dan menghasilkan rasa manis yang khas.

    Peuyeum Bandung bisa kita nikmati dalam berbagai bentuk dan variasi. Salah satu variasi yang terkenal adalah “Peuyeum Basah” atau “Peuyeum Ketan”. 

    Peuyeum Basah memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal karena menggunakan ketan sebagai bahan utama. Selain itu, ada juga “Peuyeum Kering” yang memiliki tekstur yang lebih padat dan renyah.

    Rasa manis yang khas dan aroma yang sedap membuat Peuyeum Bandung menjadi camilan favorit di kalangan masyarakat Sunda. Biasanya, Peuyeum Bandung menjadi camilan sehari-hari atau hidangan sebagai teman minum teh atau kopi. 

    Baca Juga: Cara Membuat Seblak Nikmat: Resep dan Langkah-Langkah yang Mudah

    Rasanya yang unik juga membuat Peuyeum Bandung sering menggunakannya sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan makanan tradisional, seperti kolak, es campur, atau es doger.

    Selain kelezatan nya, juga memiliki manfaat kesehatan tertentu. Proses fermentasi pada singkong menghasilkan mikroorganisme baik yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus. Peuyeum juga mengandung vitamin, mineral, dan serat alami.

    Bagi Anda yang ingin mencicipi, Anda bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional, toko makanan khas Sunda, atau di pusat oleh-oleh di Kota Bandung. 

    Peuyeum Bandung juga tersedia dalam kemasan yang praktis dan dapat jadi oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

    Dalam mengkonsumsinya, penting untuk diingat bahwa proses fermentasi pada singkong dapat menghasilkan kadar alkohol yang rendah. 

    Oleh karena itu, mengkonsumsi peuyeum harus dengan bijak dan tidak berlebihan, terutama oleh anak-anak atau mereka yang memiliki intoleransi alkohol.

    Peuyeum Bandung adalah salah satu kuliner khas yang tidak boleh kita lewatkan jika Anda mengunjungi Bandung atau ingin mencicipi kelezatan tradisional dari Jawa Barat. 

    Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal akan memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan bagi pecinta makanan tradisional Indonesia.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img