spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Matangkan Persiapan Popda XIII Jabar, Dispora Gelar Bimtek

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat melalui Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga terus memantapkan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Barat tahun 2023. Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran Peserta Popda XIII Jawa Barat Tahun 2023 bersama dengan perwakilan kota/kabupaten di Holiday Inn Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan Kota Bandung, Senin-Selasa (12-13/6/2023).

    Pelaksanaan bimtek dibuka secara langsung oleh Kepala Dispora Jabar, Asep Sukmana pada Senin (12/6/2023) malam WIB. Dalam sambutannya, Asep mengatakan jika gelaran Popda XIII Jabar menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh para atlet pelajar di Jabar.

    “Ajang Popda ini sempat terhenti hampir lima tahun dan terakhir digelar pada tahun 2018. Karena itu, ini menjadi ajang yang ditunggu para atlet pelajar untuk menunjukkan hasil latihan yang dilakukan selama ini,” kata Asep saat ditemui usai membuka acara, Senin (12/6/2023).

    fokusjabar.id Popda XIII Jabar
    Kepala Dispora Jabar, Asep Sukmana. (FOTO: Ageng)

    Asep menuturkan, multieven olahraga pelajar ini pun menjadi ajang persiapan bagi Jabar mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2023 yang akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Pasalnya, atlet-atlet pelajar dari cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Popnas XVI tidak tercover oleh atlet pelajar yang tergabung di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Jabar.

    “Juga tidak menutup kemungkinan ada atlet pelajar lebih baik dan muncul di ajang Popda XIII Jabar ini. Kita bertekad mempertahankan titel juara umum di Popnas XVI,” kata dia.

    Telepas dari hal tersebut, lanjut Asep, yang terpenting dari pelaksanaan Popda XIII Jabar yakni memberikan wadah bagi atlet pelajar di Jabar untuk bertanding. Melalui kompetisi di ajang tersebut, para atlet pelajar termasuk kota/kabupaten bisa mengevaluasi hasil pembinaan dan latihan olahraga pelajar yang dilakukan selama ini.

    “Misi besarnya dari pelaksanaan popda ini adalah mendukung pada pencapaian prestasi Jabar di berbagai even tingkat nasionak hingga internasional. Popda ini menjadi bagian kontribusi dari kota dan kabupaten,” Asep menegaskan.

    BACA JUGA: Banyak Hydran Rusak, Perumda Tirtawening Kota Bandung Diminta Benahi Berbagai Persoalan Hydran

    fokusjabar.id Popda XIII Jabar
    Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dispora Jabar, Sandi Arisma CPI. (FOTO: Ageng)

    Sementara Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dispora Jabar, Sandi Arisma CPI didampingi Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Gumelar Agusman Sarief mengatakan, pelaksanaan bimtek bertujuan menginformasikan beberapa hal teknis yang harus diketahui peserta dari kota/kabupaten. Diantaranya terkait jadwal umum pelaksanaan Popda XIII Jabar, penyampaian technical handbook masing-masing cabang olahraga, hingga rekap sementara pendaftaran peserta.

    “Mulai dari daftar keikutsertaan atlet pelajar dari kota dan kabupaten, entry by name, hingga entry by number. Melalui bimtek ini diharapkan setiap peserta dari kota/kabupaten mengetahui, memahami serta tidak ada kesalahan dalam input pendaftaran yang akan berdampak pada kelancaran pelaksanaan Popda XIII Jabar,” kata Sandi.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img