spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    KPU Kembalikan Berkas Bacaleg Nasdem Ciamis karena Tidak Sesuai dengan SK Pusat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mengembalikan berkas pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Nasdem Ciamis setelah terdapat persyaratan Bacaleg yang tidak sesuai. 

    Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana mengatakan bahwa berkas Bacaleg partai Nasdem dikembalikan karena masih terdapat berkas yang tidak sesuai saat pendaftaran Bacaleg. 

    Dokumen tersebut belum lengkap karena terdapat perbedaan SK yang diajukan oleh DPP yang tidak sinkron dengan pendaftaran Bacaleg yang diajukan

    “Kenapa dikembalikan karena ada ketidaksesuaian data pengajuan Bacaleg, KPU sudah memberikan waktu untuk melakukan perbaikan itu merupakan hal yang biasa KPU sudah mempersiapkan tahapan untuk perbaikan,” kata dia saat diwawancara, Kamis (11/5/2023).

    BACA JUGA: Dedi Mulyadi Hengkang dari Golkar dan DPR RI

    Sarno menjelaskan bahwa partai politik yang bersangkutan akan diberikan waktu sampai tanggal 14 Mei 2023 untuk melakukan perbaikan berkas yang tidak cocok sesuai dengan tahapan. 

    “Saya berharap rekan-rekan partai nasdem Ciamis bisa melakukan perbaikan secepatnya menindaklanjuti hasil tahapan pengajuan Bacaleg hari ini,” ucapnya. 

    Lebih lanjut Sarno mengungkapkan bahwa sampai saat ini tanggal (11/5/2023) KPU Ciamis baru menerima tiga partai politik yang melakukan pendaftaran diantaranya PKS, PDI-P dan Nasdem yang berkasnya dikembalikan. 

    Sementara itu Ketua DPD Partai Nasdem Ciamis Endang Kunandang mengatakan, pendaftaran bakal calon anggota DPRD Ciamis dikembalikan karena ada perbedaan silon yang dibawa oleh DPD Nasdem Ciamis dengan pusat. 

    “Pada hari ini kita melaksanakan pendaftaran bacaleg berdasarkan hasil pemeriksaan terdapat perbedaan yakni antara nomor SK yang lama dengan fakta berkas Bacaleg anggota DPRD Ciamis,” kata dia saat sesi konferensi pers. 

    Endang menjelaskan pendaftaran berkas Baceleg anggota DPRD Ciamis partai Nasdem dikembalikan oleh KPU Ciamis untuk diperbaiki. 

    BACA JUGA: Mudur Dari Golkar, Dedi Mulyadi Sempat Berniat Masuk PDIP

    “Kita diberi waktu sampai tanggal 14 untuk memperbaiki dan akan secepatnya dilakukan perbaikan,” ucapnya. 

    Saat disinggung mengenai target kursi untuk Baceleg anggota DPRD Ciamis Endang mengungkapkan bahwa Nasdem Ciamis targetkan sembilan kursi. 

    “Target Nasdem berdasarkan hasil dari Bacaleg yang sudah ada saya menargetkan 9 kursi dan 6 Dapil sudah penuh semua,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img