spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Pj Wali Kota Tasikmalaya Beri Bantuan Kepada Korban Rumah Ambruk

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah berikan bantuan kepada rumah warga yang ambruk karena diterjang angin kencang di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, Selasa (25/4/2023). 

    Cheka memberikan bantuan kepada Abdul Hakim, rumah tersebut berpenghuni tujuh anggota keluarga dan terdapat dua orang balita. 

    Cheka mendatangi rumah korban bersama Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tasikmalaya, Lurah dan Kapolsek untuk melihat langsung kondisi rumah ambruk tersebut. 

    “Ini adalah musibah, tentu kita harus membantu warga yang terkena musibah, yang mana korban sangat membutuhkan bantuan saat ini,” kata dia.

    Ia pun meminta agar warga selalu  waspada dan hati-hati dengan kondisi cuaca saat ini.

    BACA JUGA: Pj Wali Kota Tasikmalaya: ASN Tambah Libur Lebaran Disanksi

    “Akhir-akhir ini memang sering hujan kencang dan angin kencang, kondisi cuaca ekstrim, jadi semua harus waspada,” kata Cheka.

    Cheka menginstruksikan, aparat di tingkat Kecamatan dan kelurahan khususnya di Kecamatan Purbaratu agar melakukan pemetaan dan pendataan kewilayahan agar saat terjadi bencana bisa segera dapat perhatian secepatnya.

    “Keluarga korban harus mendapatkan penanganan dan bantuan agar bisa bangkit dari musibah ini, sekarang ada bantuan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya, semoga dapat membantu meringankan beban akibat musibah,” kata dia.

    Dalam musibah rumah ambruk tersebut, salah satunya ada yang cedera tangan karena tertimpa material runtuhan rumah, sehingga perlu penanganan medis.

    “Korban cedera tangan harus segera ke Puskesmas atau rumah sakit untuk segera mendapat penanganan medis,” ujar dia.

    “Semua harus selalu waspada mengingat saat ini kondisi cuaca ekstrim, saya minta BPBD juga selalu stand by dan terus memonitor kondisi,” kata dia menambahkan.

    Korban Rumah Ambruk Tasikmalaya Dapat Bantuan

    Sementara Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Ucu Anwar menyebutkan, kondisi rumah memang masuk kategori tidak layak huni, namun keluarga ini masih menempati rumahnya.

    “Rumahnya berbahan bilik bambu setengah permanen, kemungkinan besar tidak kuat menahan terpaan angin kencang, akhir-akhir ini kan cuaca sangat ekstrim, sering hujan disertai angin kencang,” ujarnya.

    “Kejadiannya tadi pagi, begitu kita mendapat laporan, petugas langsung menuju ke lokasi, bersama warga sekitar dan petugas BPBD langsung melakukan penanganan, bergotong royong membersihkan material bekas reruntuhan,” kata Anwar menambahkan

    Saat ini, BPBD Kota Tasikmalaya sudah mendirikan tenda darurat untuk ditempati keluarga korban.

    BACA JUGA: Longsor di Salawu, Hambat Jalur Arus Balik Tasikmalaya-Garut

    “Kita akan berikan bantuan untuk kebutuhan hidup sehari-hari mereka, sambil menunggu proses pembangunan rumah yang ambruk, semoga secepatnya bisa selesai,” katanya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img