spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Demokrat Optimistis Anies Menang Walau Koalisi Besar Lahir!

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, optimistis Anies Baswedan bakal menang dalam Pilpres 2024 meski hanya didukung tiga parpol dalam Koalisi Perubahan dan Perbaikan (KPP).

    Hal itu ia sampaikan merespons kemunculan Koalisi Besar gabungan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

    Meski melawan gabungan partai besar seperti Golkar-Gerindra, Anies diyakini bisa menjadi pemenang kontestasi.

    “Demokrat tetap yakin Anies Baswedan dan Koalisi Perubahan berpeluang memenangkan Pilpres meskipun nantinya menghadapi Koalisi Besar,” kata Herzaky, Rabu (19/4/2023).

    BACA JUGA: Kronologi Penangkapan Yana Mulyana, Pertemuan di Pendopo hingga Liburan ke Thailand

    Optimisme ini didasarkan pada tiga hal. Salah satunya adalah sistem pemilu Indonesia secara langsung, bukan berdasarkan pada perwakilan partai politik.

    “Yang memilih adalah rakyat langsung, bukan parpol-parpol di parlemen,” ujar Herzaky.

    Dia menjelaskan jika pemilu dilakukan di parlemen, maka memang diperlukan dukungan partai politik lebih banyak. Dukungan yang signifikan sangat relevan dalam peluang kemenangan bagi setiap pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres).

    “Sedangkan di Pilpres secara langsung, dukungan parpol jelas berdampak positif, tapi tidak ada jaminan suara ketika memilih parpol tertentu terkonversi menjadi suara ke paslon capres-cawapres yang diusung,” katanya, melansir IDN.

    Keyakinan itu juga muncul berkaca pada zaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004 yang hanya diusung tiga parpol. Namun pada Pilpres itu, pasangan SBY dan Jusuf Kalla (JK) bisa meraih total suara hingga 11 persen.

    “Ternyata, beliau merupakan capres yang terbanyak dipilih rakyat, baik di putaran pertama maupun putaran kedua Pilpres 2004. Pak SBY pun terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6,” ucapnya.

    Terakhir, optimisme Demokrat berasal dari keyakinan bahwa rakyat menginginkan perubahan dalam hal ekonomi dan kesejahteraan sosial. Menurut Herzaky, keinginan rakyat itu sejalan dengan visi misi Partai Demokrat dalam Koalisi Perubahan.

    “Rakyat menginginkan perubahan dan perbaikan di tiga bidang ini. Semangat inilah yang mendorong terbentuknya Koalisi Perubahan,” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img