spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    TPA Sarimukti Bermasalah, Sampah di TPS Kota Bandung Menumpuk

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengiriman sampah dari Kota Bandung ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti Kabupaten Bandung Barat terkendala. Alhasil, sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) menumpuk.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudy Prayudi mengatakan, keterlambatan pengiriman sampah dari Bandung ke TPA Sarimukti terjadi sejak Rabu (11/1/2023) lalu. Penyebabnya, terdapat perbaikan alat berat di TPA Sarimukti.

    BACA JUGA: Pemprov Jabar Didorong Siapkan Pengolahan Sampah di Masjid Al Jabbar

    “Di sana lagi ada perbaikan alat berat, jadi hanya ada satu akses menuju ke pembuangan, sehingga terjadi antrean,” kata Dudy, Jumat (13/1/2023).

    Meski begitu, pihaknya menyebut akses menuju ke lokasi pembuangan sudah bertambah menjadi dua titik sehingga relatif lancar.

    “Akses ke TPA berlubang dan menurun, dinas mendapatkan informasi bahwa akan dilakukan betonisasi. Kami berharap hari ini akses menuju ke Sarimukti normal 100 persen,” kata dia.

    Pihaknya akan memaksimalkan armada agar tidak terjadi penumpukan sampah di TPS. Dia berharap TPA Sarimukti sudah kembali normal.

    Lebih lanjut Dudy mengimbau agar masyarakat menahan terlebih dahulu membuang sampah ke TPS, serta memilah sampah untuk mengantisipasi penumpukan di TPS.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img