spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Harga Cabai dan Terong Hijau di Pasar Manis Ciamis Naik Dua Kali Lipat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Memasuki awal tahun 2023 sejumlah komoditi Pasar Manis Ciamis terpantau mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Seperti terong hijau dan cabai, permintaan yang melonjak dan minimnya pasokan menjadi penyebab utama naiknya dua komoditi tersebut.

    Pantauan fokusjabar.id Pasar Manis Ciamis saat ini harga terong hijau naik tiga kali lipat. Yakni mencapai Rp 24 ribu/kilogram dari harga sebelumnya hanya berkisar Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu.

    Baca Juga : Ekosistem Kawasan Gunung Sawal Ciamis Perlu Dilestarikan

    Begitu juga dengan cabai yang naik hampir dua kali lipat. Untuk cabai domba saat ini harganya Rp 101 ribu/kilogram dari sebelumnya hanya Rp 60 ribu/kilogram.

    Kemudian cabai domba, cabai rawit juga saat ini naik 2 kali lipat. Dari yang sebelumnya Rp 40 ribu/kilogram menjadi Rp 80 ribu/kilogram.

    Penjual sayuran Pasar Manis Ciamis Rosita mengatakan, harga terong hijau dan cabai tersebut melambung tinggi. Karena banyaknya permintaan dan minimnya stok yang ada.

    “Banyak pembelinya terus stoknya nggak ada sekalinya ada terpaksa saya harus menjual dengan harga dua kali lipat. Itupun dapat stok dari Tasikmalaya,” kata dia, Selasa (3/1/2023).

    Lebih lanjut Rosita mengungkapkan permintaan cabai dan terong hijau di Ciamis melambung tinggi. Tercatat sejak tanggal 1 Januari 2023 sehingga membuat persediaan barangnya cepat habis.

    “Awal tahun itu memang permintaan cabai dan terong meningkat sehingga stok cepat habis. Saya berharap semoga stoknya kembali banyak dan harganya kembali stabil,” ucapnya.

    Sementara itu salahsatu petani sayuran Rohman mengaku langkanya terong hijau dan cabai tidak terlepas dari imbas libur tahun baru 2023 dan juga cuaca yang tidak menentu.

    “Petani kan sebagian masih pada libur terus cuaca juga saat ini tidak menentu sehingga sangat menghambat proses pemanenan, InshaAllah bulan depan juga kembali normal harganya di Pasar Manis Ciamis,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img