spot_img
Selasa 19 Maret 2024
spot_img
More

    588 Peserta Ikuti Seleksi CAT PPK Yang di Gelar KPU Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyelenggarakan seleksi Computer Assisted Test (CAT) pertama kali untuk 588 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 mendatang di SMPN 5 Bandung, Selasa (6/12/2022).

    Sebelumnya, sebanyak 1.114 orang telah mendaftar melalui siakba.kpu.go.id. Kemudian, sebanyak 588 orang lolos administrasi dan melanjutkan tes CAT.

    Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, dari 1.114 orang yang daftar melalui siakba.kpu.go.id. yang lolos administrasi dan melanjutkan tes CAT sebanyak 588 orang, ini akan disaring kembali menjadi sekitar 450 orang.

    BACA JUGA: MUI Jabar: Jangan Anggap Gempa Cianjur Sebagai Azab

    “Setelah itu disaring lagi untuk kebutuhan di 30 kecamatan. Masing-masing butuh lima orang petugas. Total kebutuhannya adalah 150 orang,” kata Yana Mulyana usai memantau seleksi.

    Seleksi CAT yang dilaksanakan selama dua hari dibagi dalam dua kloter, mulai dari 6-7 Desember 2022. Ada empat kelas yang digunakan untuk seleksi dua hari ke depan.

    “Per kelas rata-rata 25 peserta. Ada empat kelas yang dipakai,” ucapnya.

    Dia menambahkan, tugas PPK Pemilu memang berat. Maka dari itu, salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi adalah kesehatan.

    “Termasuk tes ini ada materi kebangsaan, pemahaman mengenai permasalahan kewilayahan, dan masalah regulasi pemilu,” katanya.

    Ia berharap, setelah para peserta resmi menjadi petugas, mereka sudah tidak gagap dalam bertugas karena telah memahami tupoksi.

    Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandung, Suharti memaparkan, beberapa persyaratan PPK di antaranya minimal berusia 17 tahun dan tidak ada batas maksimal umur, harus WNI dibuktikan dengan KTP.

    “Lalu, taat pada hukum yang dinyatakan dengan surat pernyataan, sehat jasmani dan rohani. Terutama ada hasil tes diabetes, hipertensi, dan kolesterol yang harus disertakan karena berkaca pengalaman 2019,” kata Suharti.

    Suharti menjelaskan, persyaratan ijazah minimal SMA. Terakhir, peserta tidak menjadi anggota partai politik dalam lima tahun terakhir. Setelah PPK usai, KPU akan menyelenggarakan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS).

    “Kita membentuk panitia penyelenggara pemilu di tingkat kelurahan. Proses pendaftarannya baru kita mulai di tanggal 18 Desember 2022,” ucapnya.

    Menurutnya, CAT menjadi salah satu cara untuk mencegah ‘titip orang’. Sebab pihaknya baru memperoleh soal-soal CAT beberapa jam sebelum pelaksanaan tes, tepatnya pada Selasa 6 Desember 2022 pukul 04.00 WIB.

    Seleksi CAT PPK Kota Bandung baru diselenggarakan tahun ini. Sebelumnya seleksi tulis dilakukan secara manual.

    “Langsung dimasukkan ke server dan kita sudah tidak bisa lihat. Soal yang diujikan ada 100 soal. Setiap meja itu berbeda, tiap sesi juga berbeda. Soal-soal ini diacak oleh sistem,” ungkapnya.

    Setelah seleksi CAT, akan ada tes wawancara untuk menguji pemahaman para peserta terkait kepemiluan, kewilayahan, wawasan kebangsaan, dan mengklarifikasi tanggapan masyarakat yang masuk ke KPU.

    “Materi yang diujikan Tes Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Kepemiluan sehingga ketika nanti mereka bertugas minimal sudah paham apa yang harus mereka lakukan,” ungkapnya.

    Suharti mengatakan, dari hasil seleksi ini diumumkan pada 9 Desember 2022. Pengumumannya bisa dilihat di media sosial dan website KPU ataupun papan pengumuman di kewilayahan.

    “Kami juga terus bekerja sama dengan tatanan pemerintahan, sehingga setiap informasi itu kita sampaikan ke mereka dan pampang di papan pengumuman di kewilayahan,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img