spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Bupati Garut: Tak ada Korban Jiwa

    GARUT,FOKUSJabar.id: Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Rudy Gunawan mengatakan, gempa 6,4 M pada pukul 16.49 WIB sore tadi membuat kepanikan warga.

    Menurut Bupati Garut, gempa tersebut tak menelan korban jiwa.

    BACA JUGA: Bupati Garut Minta Warga Waspada Gempa Susulan

    “Saya dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim melakulan langkah pendataan dan  assessment. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Rudy Gunawan, Sabtu (3/12/2022) malam.

    Bupati menyebut, beberapa rumah retak dan sejumlah sekolah mengalami kerusakan. Saat ini masih dilakukan asesment.

    Sebagai mitigasi bencana, di beberapa daerah sudah berdiri pos-pos yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Seperti sekolah dan tempat peribadatan.

    “Pos-pos tersebut dibuat dalam satu sistem mitigasi bencana di desa,’ ungkapnya.

    Dia juga menginstruksikan stakeholder yang ada di kewilayahan untuk terus melakukan pemantauan dan melakukan pelaporan dengan mengirimkan video kondisi terkini di lokasi masing-masing.

    “Karena saat ini kondisi di beberapa daerah tengah diguyur hujan lebat, Kami khawatir ada gempa susulan,” kata Rudy Gunawan.

    Bupati Garut juga meminta masyarakat melaporkan langsung ke posko terdekat jika terdampak gempa.

    BACA JUGA: Diguncang Gempa 6,4 M, Warga Garut Panik

    Tak hanya itu, Bupati Garut juga mengimbau masyarakat aar tetap waspada dan tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax yang beredar.

    “Kita akan update terus kondisi pascagempa melalui Diskominfo,” pungkasnya.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, Gempa 6,4 Magnitudo mengguncang Kabupaten Garut wilayah Selatan, Sabtu (3/12/2022) pada pukul 16.49 WIB.

    Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terletak pada koordinat 7,44 LS, 107,5 BT. Tepatnya berlokasi di darat wilayah Kecamatan Kertamukti pada kedalaman 109 km.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img