spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Peduli Cianjur, Pelaku UMKM di Banjar Jual Produknya Untuk Donasi

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Banjar menggelar do’a bersama dan menjual produk dagangannya untuk di donasikan kepada korban terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

    Para pelaku UMKM mengadakan kegiatan tersebut di area Banjar Water Park (BWP) Kota Banjar sebagai bentuk kepeduliannya terhadap bencana yang terjadi di Cianjur beberapa waktu lalu. 

    Ketua Komunitas UMKM Juara (Komura) Kota Banjar Ujang Koptah mengatakan pengumpulan donasi untuk Peduli Cianjur dilakukan oleh para pelaku UMKM juara di wilayahnya. 

    Ujang mengatakan pengumpulan donasi untuk korban terdampak gempa bumi Cianjur itu dengan cara mengumpulkan produk-produk UMKM yang mereka jual seharga Rp. 10.000 merata.

    Baca Juga: Pasheman’90 Cerminan Ekstrakurikuler Kreatif dan Berprestasi Dari SMKN 2 Garut

    “Uang hasil penjualan nya mereka kumpulkan langsung untuk mendonasikannya ke saudara kita yang terkena musibah di Cianjur. Yang nanti akan menyerahkan hasilnya ke Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI),” katanya kepada wartawan. Minggu (27/11/2022). 

    Selain itu Ujang mengatakan dalam kegiatan ini pun ada donasi berupa uang dan barang. “Dari UMKM Hijra berupa mukena sebanyak 100 pcs juga uang kurang lebih sebesar Rp. 6 juta,”

    Peduli Cianjur, sebagai bentuk kepedulian

    Di lokasi yang sama Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskukmp) Kota Banjar, Neneng Widyastuti pun ikut hadir mendampingi. 

    Dia mengatakan kegiatan sosial ini dilakukan para pelaku usaha di Kota Banjar sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap korban yang mengalami musibah di Cianjur. 

    Neneng mengatakan dengan adanya kegiatan ini semoga bisa membantu korban terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu itu.

    “Mudah-mudahan ya gerakan kami ini bisa membantu saudara-saudara kami yang terkena musibah di Cianjur sana,” ujarnya. 

    Untuk hasil dari gerakan ini Neneng mengatakan, nantinya akan dikumpulkan di Himpi Kota Banjar kemudian mereka yang mendistribusikannya. 

    “Donasi yang kami dapat Alhamdulillah cukup besar ada 100 mukena, serta menjual produk secara merata. Untuk total semuanya sekarang belum terlihat jumlahnya karena masih berjalan penggalangannya,” kata Neneng. 

    Baca Juga: Akomodir Bantuan dari 58 BUMN, Erick Thohir Akan Bangun Puskesmas Anti Gempa di Cianjur

    Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Ramdhan Kalyubi. Ia pun ikut mensuport gerakan para pelaku usaha kecil mikro menengah ini. 

    Dadang mengatakan semoga kepedulian dan kebaikan ini menjadi pintu keberkahan untuk masyarakat Banjar khususnya para pelaku usaha. 

    “Kemarin juga Pemerintah melakukan hal yang sama dan saat ini pun banyak relawan yang sudah ada membantu di Cianjur. Ini menandakan warga Banjar kompak semoga jadi berkah buat kedepannya Aamiin,” katanya. 

    Sementara itu, semua pihak dari Pemerintah, swasta, organisasi, pelaku usaha dan masyarakat Kota Banjar. Kompak melakukan kegiatan penggalangan donasi atas dasar kepedulian untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. 

    (Budiana Martin)

    Berita Terbaru

    spot_img