spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Porprov XIV Jabar; Kota Bandung Boyong 2 Emas dari Terbang Layang

    SUBANG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung memboyong dua medali emas, satu perak, dan tiga perunggu dari cabang olahraga Tebang Layang pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat yang digelar di Lanud Suryadarma, Kalijati, Kabupaten Subang, 7-16 November 2022. Kota Bandung menempati peringkat tiga dan juara umum di cabang olahraga terbang layang Porprov XIV Jabar diraih tuan rumah Kabupaten Subang.

    Dua medali emas bagi Kota Bandung dari cabang olahraga terbang layang, disumbangkan atlet andalannya Emilda Syafrida. Atlet eks PON XX asal Kota Bandung itu meraih medali emas dari nomor Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri dan Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri.

    Di kelas Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri, Emilda meraih nilai tertingga 1713,55 mengalahkan atlet asal Kabupaten Garut, Ina Kusmina yang mendapatkan nilai 966,13. Dan medali perunggu diraih atlet Kabupaten Bekasi, Rossi Suciati setelah meraih nilai 921,97.

    Lalu di kelas Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri, Emilda mencatatkan nilai akhir 2000,00 dan berhak atas medali kedua. Sedangkan di posisi kedua atlet asal Kabupaten Subang, Joshan Dwanisya dengan nilai 1763,51 dan Ina Kusmina (Garut) meraih medali perunggu usai meraih nilai 1693,22.

    Emilda pun menyumbangkan medali perak dari Duration Flight Kelas Schweizer Putri setelah hanya mempu meraih nilai total 1197,51. Medali emas di nomor ini diraih atlet tuan rumah Kabupaten Subang, Joshan Dwanisya usai meraih nilai tertinggi 1698,80 dan medali perak diraih Ina Kusmina (Garut) dengan nilai 927,22.

    Sementara tiga perunggu bagi tim Terbang Layang Kota Bandung, disumbangkan dari nomor Precision Landing Kelas Schweizer SGS1-26 Putri atas nama Emilda. Lalu dari nomor Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Mix Double atas nama Muhammad Tsany Nur Iman dan Dita Andriani serta Precision Landing Kelas Schweizer Putri atas nama Emilda.

    BACA JUGA: Menohok, Ini Tanggapan Umuh Muchtar Terkait Dirut Baru PT LIB Ferry Paulus

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar terbang layang kota bandung
    Tim terbang layang Kota Bandung berfoto bersama Kadispora Kota Bandung, Eddy Marwoto dan perwakilan KONI Kota Bandung, (FOTO: Istimewa)

    Ketua Tebang Layang Kota Bandung, Asep Hermana mengaku bersyukur dengan pencapain tim di ajang Porprov XIV Jabar. Pasalnya, komposisi tim Tebang Layang Kota Bandung didominasi atlet-atlet muda.

    “Hasil ini sudah sesuai target yang kami tetapkan yakni dua medali emas, Alhamdulillah tercapai,” kata Asep kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

    Telepas dari pencapaian atlet di ajang Porprov XIV Jabar, Asep mengatakan jika pengalaman bertandingn diperoleh atlet-atlet Kota Bandung. Pasalnya, cabang olahraga terbang layang baru pertama kali dipertandingkan di ajang multieven tingkat Jabar ini.

    “Komposisi atlet kami dihuni sebagian besar atlet-atlet muda. Ini yang menjadi bagian tugas kami kedepan, bagaimana agar atlet-atlet ini bisa terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya dan memberikan kontibusi prestasi untuk mengharumkan nama Kota Bandung,” dia menuturkan.

    Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah kota (Pemkot) Bandung dan KONI Kota Bandung bisa mendukung proses pembinaan cabang olahraga terbang layang di Kota Bandung. Salah satunya dengan memfasilitasi peralatan latihan dan pertandingan atau biaya latihan atlet.

    “Peralatan yang dibutuhkan ini cukup mahal sehingga bagi kami di pengcab cukup sulit untuk menyediakannya sehingga kami berharap bisa difasilitasi oleh pemkot dan atau KONI Kota Bandung, minimal dukungan biaya untuk latihan. Subang yang menjadi juara umum di cabor terbang layang ini sudah memiliki peralatan sehingga cukup layak jika mereka menjadi juara,” Asep menegaskan.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar terbang layang kota bandung
    Kadispora Kota Bandung, Eddy Marwoto bersama ofisial tim terbang layang Kota Bandung berfoto bersama usai pengalungan medali juara. (FOTO: Istimewa)

    Kabupaten Subang yang menjadi juara umum di cabang olahraga terbang layang Porprov XIV Jabar, berhasil mengoleksi 5 medali emas, 5 perak dan 2 perunggu. Sementara di peringkat kedua yakni Kabupaten Bekasi dengan raihan 3 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

    Cabang olahraga Terbang Layang pada Porprov XIV Jabar mempertandingkan sebanyak 14 nomor pertandingan. Sebanyak enam daerah ikut serta pada pertandingan cabang olahraga Terbang Layang pada Porprov XIV Jabar yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Bandung.

    BACA JUGA: Kota Bekasi Segel Juara Umum Bowling Porprov XIV Jabar

    Berikut Hasil Pertandingan Cabor Terbang Layang Porprov XIV Jabar

    1. Precision Landing Kelas Schweizer SGS1-26 Putra
    Emas : Andri (Garut)
    Perak : Dhani (Ciamis)
    Perunggu : Ervan (Subang)

    2. Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Putra
    Emas : Joko Gunadi (Subang)
    Perak : Ervan (Subang)
    Perunggu : ANdri (Garut)

    3. Duration Flight Kelas Schweizer SGS 1-26 Putra
    Emas : Joko Gunadi (Subang)
    Perak : Andri (Garut)
    Perunggu : Suprayitno (Ciamis)

    4. Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Putra
    Emas : Dhani (Ciamis)
    Perak : Ervan (Subang)
    Perunggu : Yandi (Pangandaran)

    5. Precision Landing Kelas Schweizer SGS1-26 Putri
    Emas : Rossi (Kabupaten Bekasi)
    Perak : Ina (Garut)
    Perunggu (Emilda (Kota Bandung)

    6. Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri
    Emas : Emilda (Kota Bandung)
    Perak : Ina (Garut)
    Perunggu : Rossi (Kabupaten Bekasi)

    7. Duration Flight Kelas Schweizer SGS 1-26 Putri
    Emas : Inas (Garut)
    Perak : Rossi (Kabupaten Bekasi)
    Perunggu : Joshan (Subang)

    8. Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Putri
    Emas : Emilda (Kota Bandung)
    Perak : Joshan (Subang)
    Perunggu : Ina (Garut)

    9. Precision Landing Kelas Schweizer SGU 2-22 Mix Double
    Emas : Joko/Joshan (Subang)
    Perak : Yandi/Eri (Pangandaran)
    Perunggu : Tsany/Dita (Kota Bandung)

    10. Duration Flight Kelas Schweizer SGU 2-22 Mix Double
    Emas : Erfan/Joshan (Subang)
    Perak : Bima/Rossi (Kabupaten Bekasi)
    Perunggu : Fathur/Ina (Garut)

    11. Precision Landing Kelas Schweizer Putra
    Emas : Suprayitno (Ciamis)
    Perak : Joko Gunadi (Subang)
    Perunggu : Andri (Garut)

    12. Precision Landing Kelas Schweizer Putri
    Emas : Rossi (Kabupaten Bekasi)
    Perak : Ina (Garut)
    Perunggu : Emilda (Kota Bandung)

    13. Duration Flight Kelas Schweizer Putra
    Emas : Nanda (Kabupaten Bekasi)
    Perak : Ervan (Subang)
    Perunggu : Yandi (Pangandaran)

    14. Duration Flight Kelas Schweizer Putri
    Emas : Joshan (Subang)
    Perak : Emilda (Kota Bandung)
    Perunggu Ina (Garut)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img