spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Dibuka Kadispora Jabar, Kejuaraan Judo Jadi Penutup Piala Gubernur Jabar 2022

    KARAWANG,FOKUSJabar.id: Kejuaraan Judo antar Klub ‘Piala Gubernur Jabar 2022’ dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana di GOR Panatayudha, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Sabtu (16/7/2022). Dari kejuaraan ini, diharapkan melahirkan atlet-atlet judo potensial yang mengharumkan nama Jabar dan Indonesia.

    Kepala Dispora Jabar, Asep Sukmana mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari kejuaraan dengan titel Piala Gubernur Jabar. Sebelumnya, kejuaraan Piala Gubernur Jabar tahun 2022 sudah digelar di cabang olahraga e-sports dan softball.

    “Namun di judo ini agak berbeda dibanding dua cabang olahraga sebelumnya. Dari sisi peserta, tidak hanya diikuti atlet asal Jabar, tapi juga dari provinsi lain,” kata Asep saat ditemui di sela-sela pelaksanaan kejuaraan, Sabtu (16/7/2022).

    FOKUSJABAR.ID kejuaraan judo Piala Gubernur Jabar
    Pertandingan pada Kejuaraan Judo antar Klub ‘Piala Gubernur Jabar 2022’. (FOTO: Ageng)

    Selain itu, lanjut Asep, jumlah atlet yang ikut serta pada kejuraan ini pun cukup membludak. Hal ini menandakan jika animo serta antusiasme dari para atlet untuk ikut berkompetisi sangat tinggi.

    “Setelah hampir dua tahun vakum karena pandemi dan para atlet ini hanya bisa berlatih, mereka butuh even dalam sebuah kejuaraan sebagai bahan evaluasi. Ini yang membuat animo peserta sangat tinggi,” kata dia.

    Kejuaraan Judo antar Klub ‘Piala Gubernur Jabar 2022’ ini, kata Asep, menjadi salah satu bagian dari upaya pihaknya membantu pengurus provinsi (pengprov) cabang olahraga dalam mempersiapkan atlet menuju PON XXI tahun 2024. Sehingga pada kejuaraan kali ini, usia atlet pun dibatasi maksimal 25 tahun.

    “Sehingga di tahun 2024 atau saat PON XXI digelar di Sumut dan Aceh, mereka sudah berada di usia puncak yakni sekitar 26 atau 27 tahun. Kejuaraan ini bisa menjadi ajang persiapan sekaligus mencari bibit untuk PON XXI dimana judo merupakan salah satu cabang olahraga andalan Jabar,” Asep menerangkan.

    BACA JUGA: Kejuaraan Judo Piala Gubernur Jabar Siap Digelar, 275 Atlet Siap Bertarung

    FOKUSJABAR.ID kejuaraan judo Piala Gubernur Jabar
    Berfoto bersama usai acara pembukaan Kejuaraan Judo antar Klub ‘Piala Gubernur Jabar 2022’. (FOTO: Ageng)

    Sementara untuk pelaksanaan kejuaraan Piala Gubernur Jabar di tahun 2023, Asep mengaku jika pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu terkait jumlah dan cabang olahraga apa saja yang akan menggelar. Secara prnsip, pihaknya berharap bisa memfasilitasi semua cabang olahraga agar berkesempatan menggelar kejuaraan Piala Gubernur Jabar ini.

    “Apalagi pemerintah pusat sudah memiliki DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) dengan 14 cabang olahraga andalan sehingga kita akan fokus kesana. Termasuk untuk target 2045 mencapai 5 besar Olimpiade akan kita dukung dan salah satu upayanya melalui kejuaraan Piala Gubernur Jabar ini,” Asep menegaskan.

    Kejuaraan Judo antar Klub ‘Piala Gubernur Jabar 2022’ ini digelar selama tiga hari, 15-17 Juli 2022 dan diikuti 275 atlet yang berasal dari 34 klub judo di Indonesia. Mereka akan bertanding di 16 kelas yang dipertandingkan dengan batasan usia maksimal atlet 25 tahun.

    Acara pembukaan dihadiri pula oleh perwakilan PB PJSI, Ketua Umum Pengprov PJSI Jabar Robin Hud Mc John, Wakil Ketua II KONI Jabar Yunyun Yudiana, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Karawang, serta perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang. Selain itu, hadir pula mantan atlet judo nasional yang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam tiga edisi Olimpiade berturut-turut (1996, 2000, dan 2004), Krisna Bayu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img