spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Pelaku Curanmor Di Kabupaten Tasikmalaya, Mengaku Tak Ada Niat Selain Kepepet

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id:Sungguh nahas apa yang telah menimpa seorang pelaku curanmor (pencurian kendaraan bermotor) asal Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

    Ia yang beridentitas Badrusalam (21) warga Taraju seorang pengangguran, harus berurusan dengan kepolisian, setelah nekat mencuri motor milik petani.

    Tak hanya itu, sebelum di giring ke kantor polisi Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, pelaku curanmor ini sempat menjadi sasaran amuk masa yang emosi atas ungkapan Badrussalam.

    Ia mengaku tidak ada niat mencuri, selain kepepet tak ada ongkos karena habis untuk apelin pacar.

    Kini pelaku yang mengaku baru kali pertama mencuri itu, meringkuk di sel tahanan Polres Tasikmalaya.

    Sebelumnya, Sabtu (2/7/2022) pelaku sempat menjadi sasaran amuk massa di Kecamatan Bantarkalong, setelah warga mengetahui  motor Honda GL bernomor polisi Z 6867 NI yang di bawa pelaku adalah hasil curian.

    Pelaku membawa motor saat terparkir di salah satu gubuk/saung di kawasan Parakanhonje, Bantarkalong. sementara pemilik motor mencari rumput pakan ternak.

    “Saat ini, pelaku kami titipkan di tahanan Polres Tasikmalaya. Sedangkan kasusnya kami tangani untuk didalami lebih lanjut,” kata Kapolsek Bantarkalong, IPTU Mugiono, Senin (4/7/2022).

    Sementara dari pengakuan pelaku curanmor, sebelum dirinya mencuri sempat apel dari pacar di Desa Simpang, Kecamatan Bantarkalong kemudian membantu kerja saudara mengecat rumah di daerah Pasir 70, Desa Simpang.

    “Habis apel dari pacar pak, terus membantu saudara bekerja, lalu pulang,” kata Badrussalam.

    Dia juga mengaku, sebelumnya tak ada niat mencuri namun karena kehabisan bekal untuk pulang ke rumah, tiba-tiba terlintas untuk mencuri motor. 

    “Saat itu saya hanya pegang uang Rp 30 ribu. Saya sempat numpang truk yang mengangkut gas dari Pasir 70, lalu turun di Parakanhonje dan menemukan motor terparkir di gubug,” katanya.

    Sebelum mencuri ucap dia, sempat membeli buah-buahan untuk mengganjal perut yang lapar. Sehingga sisa uang di saku pun habis. 

    “Saya baru pertama kali mencuri motor, dan pas mencuri eh ketahuan,” ucap Badrusalam.

    Pelaku Curanmor Tertangkap Saat Mengisi BBM

    Panit Reskrim Polsek Bantarkalong, Bripka Amirudin Ahmad mengatakan, pelaku tertangkap warga saat sedang mengisi BBM di pom mini yang berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat kejadian perkara. 

    curanmor
    Pelaku curanmor, Badrussalam (21) warga Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya, digiring ke Polres Tasikmalaya.

    “Motor tidak memiliki kunci kontak. Namun pemilik motor sudah mengantisipasi dari aksi kejahatan dengan memodifikasi selang bahan bakar yang tersembunyi. Sehingga ketika selang dibuka dari tangki BBM, motor hanya bisa hidup dan melaju dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer,” kata Amirudin.

    Maka lanjut dia, saat mengetahui motor hilang, Nana si pemilik motor dengan mudah dapat memprediksi letak keberadaan motornya.

    “Mengetahui motor hilang, Nana langsung mencari dengan meminjam motor orang lain. Dan benar saja, sekitar 1 kilometer dari tempat kejadian, Nana menemukan motornya di Pom mini. Pelaku sedang mengisi BBM,” kata dia.

    BACA JUGA: Brutal! Pria Kulit Hitam Dihujani Peluru oleh Polisi hingga Tewas di AS

    Pelaku, terang Amirudin, sempat jadi bulan-bulanan masa. Beruntung saat itu ada anggota Polsek Bantarkalong yang tengah patroli.

    “Saat kita amankan, kondisi pelaku masih baik-baik saja, meskipun  sempat kita bawa ke puskesmas terdekat,” ujarnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img