spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Ciptakan SDM Unggul, Negara Hadir dengan KIP

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa kekayaan sumber daya manusia (SDM) Indonesia sangat luar biasa, terlebih dengan bonus demografi yang ada di depan mata.

    Demikian disampaikan Puan di hadapan ratusan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) di acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemasaran Ekonomi Kreatif untuk Mahasiswa penerima KIP dalam kunker masa reses perdananya, Selasa (26/4/2022).

    “Kita memiliki sekitar 270 juta penduduk (terbesar ke 4 di dunia). Mayoritas generasi muda yang sering disebut bonus demografi,” kata Puan.

    BACA JUGA: Tingkatkan SDM, PCNU Ciamis Dirikan UNU

    Menurut dia, ini kesempatan luar biasa untuk Indonesia, sebab kemajuan bangsa tergantung kemajuan manusianya.

    Dia menyebut KIP sebagai wujud kehadiran negara dalam pengembangan SDM Indonesia. Melalui KIP Puan berharap semua generasi muda memiliki kesempatan yang sama dalam dunia pendidikan.

    “Kita tidak ingin ada anak Indonesia yang tidak bisa menempuh pendidikan tinggi karena masalah biaya,” kata dia.

    Untuk diketahui, tahun 2020 ada sebanyak 2.250 orang menerima KIP Kuliah, termasuk salah satunya adalah Anggita Viska Alfiansah mahasiswa dari Universitas Sahid Surakarta.

    Anggita adalah mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis anak dari pedagang buah-buahan. Selepas SMA, dia sempat tidak akan melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan, karena terkendala biaya. Namun itu tidak terjadi saat dirinya mendapatkan KIP Kuliah.

    “KIP Kuliah ini sangat membantu. Uang sakunya pun sangat mencukupi. Saya juga bisa membantu perekonomian keluarga,” kata Anggita.

    Peserta Bimtek KIP lainnya, yakni Satrio Damarbuwono dari STMIK Bina Patria Magelang. Mahasiswa jurusan Sistem Informasi sangat tertarik dengan skena ekonomi kreatif.

    “Bimtek Pemasaran Ekonomi Kreatif ini sangat relevan di era digital seperti ini,” kata Satrio.

    Melalui Bimtek ini Puan Maharani berharap generasi muda semakin terbuka dan terasah kreatifitasnya, agar potensi ekonomi kreatif bisa dimaksimalkan.

    “Ekonomi kreatif memiliki potensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang utama di masa depan. Dan kalian adalah penggerak utamanya,” kata Puan di hadapan 300 peserta Bimtek.

    Dalam acara tersebut hadir mahasiswa dari seluruh Jawa Tengah, terutama Solo Raya, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Semarang, Kebumen, dan Magelang.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img