spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Presiden IPU Nikmati Kunjungan Wisata di Ubud Bali bersama Putu Rudana

    BALI,FOKUSJabar.id: Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata di Ubud, Bali, Jumat (25/3/2022). Kunjungan Presiden IPU ke Pulau Dewata tersebut didampingi Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana.

    Pacheco menikmati destinasi wisata Pulau Dewata usai diselenggarakannya Forum IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali, yang digelar pada Senin-Kamis (20-24/3/2022).

    Destinasi pertama yang dipilih Pacheco bersama putranya Guilherme yakni Pasar Ubud. Presiden IPU itu pun memborong sejumlah baju, kain, ukiran bali hingga aksesoris gelang maupun tas hasil kerajinan pelaku UMKM.

    Pacheco bersama putranya terlihat senang bisa membawa oleh-oleh dari Bali. Dia pun diajarkan mengucapkan terima kasih menggunakan Bahasa Daerah Bali oleh pedagang dan foto dengan kaos yang dibelinya bertuliskan ‘Bali’.

    “Matur suksma. Thank you,” kata Pacheco.

    fokusjabar.id Bali IPU wisata
    Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco saat berbelanja di Pasar Ubud, Bali. (FOTO: Istimewa)

    Usai itu, Putu Rudana mengajak Pacheco ke lokasi wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary. Disini, Pacheco takjub dengan keindahan alam yang menjadi tempat wisata dipenuhi hewan monyet. Dia pun sesekali memberi makan monyet tanpa rasa takut.

    Duarte mengaku sangat senang berkunjung ke Ubud dan menikmati keindahan Bali. Ia berharap ekonomi dan pariwasata Bali bangkit kembali pasca pandemi.

    “Saya senang dan bahagia bisa berkunjung ke Ubud, Bali, didampingi sahabat saya Putu Rudana, anggota parlemen Indonesia dari Bali. Seru sekali, tadi saya belanja kaos, belanja gelang, ukiran Bali dan melihat keindahan alam bali di Monkey Forest yang luar biasa. Masyarakat Bali sangat ramah sekali. Saya berharap pasca pandemi ini banyak warga dunia akan melihat dan berkunjung ke tempat yang luar biasa ini,” kata dia.

    BACA JUGA: Jembatan Baru di Desa Sukamaju Ambruk, Puluhan Santri Luka-luka

    Putu berharap kedatangan Presiden IPU, Duarte Pacheco ke Ubud, Bali menunjukan jika Pulau Dewata sudah siap kembali menjadi destinasi utama pariwisata dunia.

    “Sebagai tuan rumah, saya bersama sahabat saya Presiden IPU, Duarte Pacheco berkunjung ke Ubud, Bali. Saya ingin memperlihatkan kepada beliau filosofi Bali yaitu Tri Hita Karana. Melihat secara langsung UMKM dan pariwisata yang mulai menggeliat kembali,” kata anggota DPR asal Bali ini.

    Putu pun mengajak Pacheco mengunjungi Museum Rudana untuk melihat berbagai macam koleksi karya-karya lukisan sang maestro. Tiba di Museum Rudana, Presiden IPU disambut dengan gamelan tarian Bali.fokusjabar.id Bali IPU wisata

    Setelah itu, Pacheco bersama anaknya dipercikan tirta suci menurut adat budaya Bali dan didoakan Ibu Rudana agar selalu dikaruniai kesehatan, keselamatan dan dapat menggaungkan cinta kasih dan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. Lalu, Pacheco bersama putranya berkeliling melihat koleksi lukisan sang maestro yang ada di Museum Rudana tersebut. Terakhir, Pacheco dikenakan baju adat Bali dan Putu Rudana diberikan cendera mata oleh Presiden IPU.

    “Kami dari museum Rudana mengangkat Pacheco menjadi bagian dari keluarga kehormatan museum Rudana,” kata Putu.

    Putu berharap, sebagai Presiden IPU yang memiliki anggota 178 negara dari seluruh dunia, Pachecho bisa menyampaikan pesan atau mempromosikan Indonesia dan juga Bali ke berbagai negara anggota IPU. Sebab, Pacheco sering berkeliling dunia memimpin berbagai sidang.

    “Beliau diharapkan sebagai Presiden IPU sering berkeliling dunia memimpin sidang-sidang 178 negara itu untuk menyuarakan tentang Indonesia dan juga Bali, baik menggaungkan seni budaya, permuseuman dan pariwisata. Karena itu, saya meminta beliau sebagai duta promosi Bali, Indonesia,” dia menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img