BANDUNG,FOKUSJabar.id: Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia berdampak positif di berbagai daerah, termasuk Jawa Barat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya transasksi UMKM Jabar, bahkan hampir 2 kali lipat selama 2021.
“Kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan hingga Rumah Tangga mengalami peningkatan transaksi paling tinggi di Jawa Barat selama 2021,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho dalam diskusi virtual, Rabu (19/1/2022).
Program turunan inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Digitalisasi Pasar, Sekolah Kilat Seller, Tokopedia Nyam dan lainnya menjadi upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.
Dengan begitu, UMKM lokal di seluruh Indonesia, termasuk Brookies dan Nokha di Bandung pun memiliki kesempatan sama untuk bertumbuh.
BACA JUGA: Dukung Produk Fashion UMKM, Dekranasda Jabar Gandeng Tokopedia
“Jadi tidak perlu pindah ke ibukota untuk menjadi juara,” kata dia.
Brookies, Artisan Soft Cookies dengan Ragam Rasa Unik Buatan Milenial Jabar
Meski harus tertunda bekerja di luar negeri karena pandemi, Salsa Wigati (26) memulai bisnis brownies dan cookies (Brookies) pada Maret 2020 dan memutuskan bergabung dengan Tokopedia pada Juli di tahun yang sama. Keputusan itu pun membawa Salsa menjadi seorang pelaku UMKM dengan omzet Rp20 juta per bulan.
Tidak hanya itu, kue hasil karya nya pun menembus hingga Aceh, Riau dan Kalimantan.
Salsa mengaku terus berinovasi dengan memproduksi banyak varian, seperti klepon cookies, goguma cookies, cookie monster, rose cookies, Cinnamon cookies dengan topping biskuit atau cookies dengan tema hari raya Idul Fitri dan Natal.
Salsa juga rajin memanfaatkan fitur flash sale dan mengikuti kampanye Tokopedia Nyam.
“Dari kampanye ini Brookies bisa menerima pesanan 70 paket dalam satu jam,” kata Salsa.
(LIN)