Jabar Loloskan Tiga Atlet ke Pelatnas PBSI 2022

0
90
fokusjabar.id seleknas pelatnas PBSI
Pasangan ganda taruna campuran Jabar, Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania memastikan diri lolos ke pelatnas PBSI 2022 usai mengalahkan perwakilan Jateng, Jateng, Marwan Faza/Az Zahra Ditya Ramadhani dengan skor 21-19, 22-24, dan 21-19 di babak final. (FOTO: Istimewa)

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat berhasil meloloskan tiga atlet pada pelaksanaan seleksi nasional (seleknas) PBSI Tahun 2022 yang berakhir Sabtu (15/1/2022) di kamp Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta. Jabar meloloskan atlet di dua nomor yakni tunggal dewasa putri dan ganda taruna campuran.

Di nomor tunggal dewasa putri, Jabar berhasil menempatkan empat orang atlet ke babak utama usai lolos dari babak penyisihan grup. Yakni Kyla Legiana Agatha (Mutiara Cardinal), Maria Veronica Ngadien Prawesti (SGS PLN Bandung), Destria Cahya Purnama (Mutiara Cardinal), dan Keisha Fatimah Azzahra (Mutiara Cardinal).

Di partai puncak tunggal dewasa putri seleknas tersebut, atlet Jabar berhasil menciptakan All Jabar Finals dimana Kyla berhadapan dengan Keisha. Sebelumnya, Kyla mengalahkan perwakilan Jatim, Made Dinda Windiasari dengan skor 21-13, 21-11 dan Keisha mengalahkan perwakilan DKI Jakarta, Sarah Daisy Theresia Christina Rambitan dengan skor 21-16, 21-16.

Di babak final, Kyla berhasil mengalahkan rekan satu klubnya di Mutiara Cardinal Bandung dalam pertarungan dua set. Kyla berhasil menang dengan skor ketat 25-23 dan 21-19.

BACA JUGA: Persib Akan Tampil Beda kontra Borneo FC

fokusjabar.id seleknas pelatnas PBSI
Pasangan ganda taruna campuran Jabar, Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania. (FOTO: Istimewa)

Sementara di nomor ganda taruna campuran, Jabar hanya meloloskan satu pasangan atlet di babak utama yakni Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania. Pasangan gado-gado asal Pelatprov PBSI Jabar dan klub Enghian Badminton Academy tersebut dikepung pasangan atlet asal Jateng dan DKI Jakarta.

Tampil sebagai pasangan non-unggulan, Rafli/Dania berhasil membuktikan kualitas permainan mereka usai mengalahkan unggulan ke-4 asal Jateng, Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir di laga pertama babak utama. Rafli/Dania berhasil unggul melalui pertandingan rubber set dengan skor 21-12, 21-23, dan 21-16.

Di babak semifinal, Rafli/Dania berhadapan dengan unggulan ke-7 asal DKI Jakarta, Zaidan Arrafi Awal Nabawi/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Hadangan tersebut kembali dilewati Rafli/Dania dan menang dua set langsung 21-12, 21-11.

Unggulan ke-6 asal Jateng, Marwan Faza/Az Zahra Ditya Ramadhani menjadi lawan Rafli/Dania di partai puncak nomor ganda taruna campuran seleknas PBSI 2022. Melalui pertarungan tiga set, Rafli/Dania berhasil menghentikan perlawanan Marwan/Ditya dengan skor 21-19, 22-24, dan 21-19 sekaligus memastikan diri lolos ke kamp Pelatnas PBSI 2022.

Wakil Ketua Umum I Pengprov PBSI Jabar, Herman Subarjah mengatakan cukup puas dengan hasil yang diraih para atlet Jabar di ajang seleknas dengan meloloskan tiga orang atlet.

“Kalau dibilang puas, ya cukup puas karena ini adalah hasil dari sebuah kompetisi,” kata Herman saat dihubungi FOKUSJabar, Minggu (16/1/2022).

Herman menambahkan, hasil seleknas PBSI tahun 2022 ini masih memperlihatkan dominasi tiga daerah di cabang olahraga bulutangkis. Yakni Jabar, Jateng dan DKI Jakarta.

“Titel juara di 10 nomor, didominasi tiga provinsi hanya satu nomro yang direbut atlet di luar tiga provinsi itu yakni tunggal dewasa putra. Sementara provinsi lain belum ada yang mampu menjadi juara,” kata dia.

BACA JUGA: Tim Seleknas PBSI Jabar Dilepas, Anthony Ginting Berikan Motivasi

fokusjabar.id seleknas pelatnas PBSI
Tim Seleknas PBSI Jabar. (FOTO: Istimewa)

Meski hanya meloloskan tiga atlet dengan meraih juara di dua nomor, Herman masih cukup optimis jika Jabar masih bisa menambah jumlah atlet di pelatnas. Pasalnya, pelatih Pelatnas yang memantau langsung pelaksanaan setiap pertandingan di seleknas belum menentukan pendamping bagi atlet-atlet yang berhasil meraih juara di masing-masing nomor.

“Mudah-mudahan, kalau para pelatih yang memantau fair, masih ada peluang atlet asal Jabar masuk ke Pelatnas. Yang menjadi juara satu di setiap nomor itu mutlak lolos ke pelatnas, sedangkan yang lainnya berdasarkan pantauan pelatih,” Herman menegaskan.

Hasil Seleksi Nasional PBSI Tahun 2022

  1. Ganda Taruna Putri : Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani (Jateng)
  2. Ganda Taruna Putra : Daniel Edgar Marvino/Raymond Indra (Jateng)
  3. Ganda Taruna Campuran : Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania (Jabar)
  4. Ganda Dewasa Campuran : Muhammad Gibran Arfiansyah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (DKI Jakarta)
  5. Ganda Dewasa Putri : Ridya Aulia Fatasya/Sofy Al Mushira Asharunnisa (DKI Jakarta)
  6. Ganda Dewasa Putra : Gerardo Rizqullah Hafidz/Muhammad Gibran Arfiansyah (DKI Jakarta)
  7. Tunggal Taruna Putri : Mutiara Ayu Puspitasari (Jateng)
  8. Tunggal Taruna Putra : Muhammad Reza Al Fajri (DKI Jakarta)
  9. Tunggal Dewasa Putri : Kyla Legiana Agatha (Jabar)
  10. Tunggal Dewasa Putra : Alfito Pringgo Yudanto (Kalsel)

(Ageng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini