spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Sulap GOR dalam 7 Jam, Subang Sukses Gelar Kualifikasi Porprov Jabar XIV Cabor Taekwondo

    SUBANG,FOKUSJabar.id: Meski dipersiapkan dalam tujuh jam, pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV cabang olahraga Taekwondo sukses digelar di GOR Dahana, Kabupaten Subang, 21-23 Desember 2021. Dalam ajang tersebut, tuan rumah Kabupaten Subang tampil sebagai juara umum.

    Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Subang, Asep Rohman Dimyati mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk menggelar babak kualifikasi sepekan sebelum waktu pelaksanaan. Namun saat hari H pelaksanaan, terjadi perubahan lokasi pertandingan yang awalnya akan digelar di GOR Gotong Royong ke GOR Dahana.

    “Jadi lokasi sebelumnya masih digunakan untuk babak kualifikasi cabor Muaythai sehingga mau tidak mau kita harus pindah ke GOR Dahana. Kita langsung persiapkan, dalam tujuh jam kita sulap GOR Dahana menjadi lokasi babak kualifikasi taekwondo. Ini semua berkat kekompakan dari seluruh elemen panitia pelaksana,” kata Asep Rohman yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Babak Kualifikasi Porprov Jabar XIV cabang olahraga taekwondo, Selasa (21/12/2021).

    Asep yang juga menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Subang mengaku bangga dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan babak kualifikasi. Termasuk sebagai tuan rumah pertandingan cabang olahraga taekwondo pada gelaran Porprov Jabar XIV yang rencananya digelar tahun 2022 mendatang.

    “Kita sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan Pengprov TI Jabar bagi Kabupaten Subang sebagai tuan rumah babak kualifikasi sekaligus Porprov Jabar XIV cabang olahraga taekwondo. Karena itu kita persiapan semuanya semaksimal mungkin,” Asep menuturkan.

    BACA JUGA: KPK Tetapkan Eks Wali Kota Banjar Herman Sutrisno Tersangka Suap dan Gratifikasi

    Pada gelaran babak kualifikasi tersebut, lanjut Asep, sebanyak 392 atlet berkompetisi memperebutkan kuota untuk bisa tampil di ajang multieven olahraga terbesar di Jabar. Para atlet tersebut merupakan perwakilan dari 27 pengcab TI kota dan kabupaten di Jabar.

    “Pelaksanaan babak kualifikasi ini didukung 40 orang wasit juri, 22 orang panitia dari Pengprov TI Jabar serta 70 orang panitia lokal. Sesuai amanat KONI Jabar, kita ingin gelaran Porprov Jabar XIV di Subang ini sukses administrasi penyelenggaraan, dan prestasi. Subang sangat merasakan dampaknya sebagai tuan rumah Porprov Jabar XIV ini, terutama dari sisi perekonomian dimana tingkat hunian hotel meningkat, wisata kuliner, hingga UMKM pun ikut terdampak,” Asep menjelaskan.

    Sementara Sekretaris Umum Pengprov TI Jabar, Divie mengapresiasi Kabupaten Subang yang telah sukses menggelar pelaksanaan babak kualifikasi. Pihaknya berharap, kesuksesan penyelenggaraan babak kualifikasi saat ini bisa dilanjutkan pada saat pelaksanaan pertandingan di Porprov Jabar XIV pada tahun 2022.

    “Jadi babak kualifikasi ini sebagai test trial bagi Subang untuk persiapan di ajang sesungguhnya pada Porprov Jabar XIV. Karena selain taekwondo, Subang pun menjadi tuan rumah di beberapa cabang olahraga lain,” kata Divie.

    Untuk itu, pihaknya sangat berharap dukungan penuh dari pihak pemerintah daerah Kabupaten Subang untuk kesuksesan penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga pada Porprov Jabar XIV. Khususnya di cabang olahraga taekwondo.

    “Kita akan evaluasi dari pelaksanaan babak kualifikasi ini dan memberi masukan bagi Kabupaten Subang agar pelaksanaan di ajang sebenarnya jauh lebih baik meski saat ini sudah baik. Kita pun berharap dari ajang ini, tidak hanya berdampak pada pembinaan serta peningkatan prestasi atlet taekwondo tapi juga mendukung ekonomi dan wisata di Subang,” Divie menegaskan.

    Babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabang olahraga taekwondo mempertandingkan tiga kategori lomba. Yakni kyorugi (tanding), poomsae, dan frestyle di kelompok putra maupun putri.

    Dari hasil pelaksanaan, tuan rumah Kabupaten Subang berhasil meraih empat medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu sekaligus menyabet juara umum babak kualifikasi. Empat medali emas bagi Kabupaten Subang disumbangkan Kim Young Sinurat (kyorugi Under 54 Kg Putra), Ilham Maulana Rustandi (Kyorugi Under 68 Kg Putra), Erik Herta Rotama (Kyorugi Over 87 Kg Putra), dan Zainal Abidin (Kyorugi Under 63 Kg Putra).

    Sementara untuk posisi runner up ditempati Kota Bogor dengan torehan empat medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Diikuti Kabupaten Bogor di posisi ketiga dengan raihan tiga medali emas, enam perak dan satu perunggu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img