spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    HKSN 2021,Mensos Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkokoh Solidaritas

    PANGKALPINANG,FOKUSJabar.id: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan bahwa global warming membawa tantangan luar biasa. Bahkan setiap tahun bencana terjadi di seluruh pelosok negeri dan berdampak pada kehidupan masyarakat.

    “Kita harus bergandeng tangan untuk mengurangi dan mengatasi dampak bencana bagi masyarakat,” kata Risma pada peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (20/12/2021).

    Selain bencana alam, kata dia, bencana non alam pun tidak kalah serius dampaknya, sepertihalnya pademi COVID-19 yang hingga saat ini masih melanda dunia. Dampaknya tidak hanya merenggut nyawa, tetapi juga berimbas besar di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

    Dia menyebut sektor ekonomi yang berdampak pada pengurangan jam kerja, hingga kehilangan pekerjaan karena sejumlah perusahaan melakukan efisiensi demi bertahan di tengah pandemi. Kendati begitu, ada hikmah di balik pandemi, dimana kerja sama dan solidaritas masyarakat Indonesia sangat kuat hingga pandemi berhasil dikendalikan.

    BACA JUGA: Mensos: Perpustakaan Bisa Ubah Hidup Seseorang

    “Semua elemen masyarakat bahu membahu menyumbangkan tenaga, pikiran, waktu, harta bahkan nyawa untuk menyelematkan mereka yang terinfeksi COVID-19 dan mencegah penyebarannya. Tak terkecuali mereka yang membantu terdampak secara ekonomi,” kata Mensos.

    Di sisi lain Mensos juga meminta perhatian terhadap situasi global yang semakin kompetitif dan sedang dihadapi. Terlebih untuk memenangkan persaingan, kata dia, harus terus memperkuat kebersamaan, persatuan dan kesetiakawanan. Jangan terkotak-kotak, harus bersama-sama mengatasi berbagai tantangan.

    “Dengan kekurangan yang kita miliki, kita harus bekerjasama. Saya bersyukur karena solidaritas yang tinggi dan budaya gotong-royong sudah terpatri di lubuk hati dan sanubari seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahkan sejak zaman perjuangan hingga berdirinya negara tercinta ini. Sehingga persoalan seberat apapun bisa diselesaikan,” kata dia.

    Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengaku bangga menjadi tuan rumah peringatan HKSN 2021. Dia mengapresiasi dan berterimakasih atas berbagai program yang sudah berjalan selama HKSN tahun ini.

    “Di tengah berbagai capaian, tidak dipungkiri banyak saudar-saudara kita yang masih kekurangan. Berbagai bencana juga berdampak pada berkurang atau hilangnya kesempatan masyarakat memperoleh penghasilan.

    Mari kita eratkan gotong royong, kerja sama, dan kebersamaan sebagai kekuatan untuk mengatasi berbagai tantangan,” kata Erzaldi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img