spot_img
Kamis 25 November 2021
spot_img
spot_img

Siswi SMAN 1 Kawali Raih Juara 1 Lomba Baca Puisi FLS2N Nasional

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Diani Raras Puspita, siswi kelas XII MIPA SMAN 1 Kawali mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis usai menyabet juara 1 lomba Baca Puisi pada ajang Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 di Gedung Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (25/11/2021).

Penghargaan diberikan langsung Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Dalam sambutannya, Herdiat mengatakan penghargaan hanya simbolis jika Kabupaten Ciamis akan selalu mendukung siswa dan siswi dalam melaksanakan kegiatan yang positif.

“Penghargaan ini tidak seberapa dibandingkan dengan perjuangan para siswa yang telah berhasil meraih prestasi dalam ajang FLS2N,” kata Herdiat.

FLS2N tahun 2021 sendiri digelar sejak 30 Agustus hingga 5 September 2021 secara daring serta diikuti 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Diani mengatakan, dalam lomba Baca Puisi di ajang FLS2N tingkat nasional, dia membaca dua puisi. Yakni puisi wajib dan puisi pilihan.

“Kebetulan dalam lomba itu ada dua metode penilaian pembacaan puisi, puisi wajib dan pilihan. Kalau puisi wajib judulnya Sajak Buat Negaraku kalau puisi pilihannya Sajak Rajawali,” kata Diani saat ditemui di gedung Pendopo Bupati Ciamis.

BACA JUGA: Persib Harus Puas di Posisi Runner-up EPA 2021

Diani mengaku, sebelumnya pernah mengikuti perlombaan baca puisi dalam ajang FLS2N. Namun langkahnya harus terhenti di tingkat provinsi karena hanya menjadi juara dua.

“Saya terus belajar, belajar dari kesalahan tahun lalu dan sekarang Alhamdulillah mendapat kepercayaan menjadi juara satu baca puisi FLS2N tingkat nasional,” Diani menuturkan.

Setelah sukses meraih juara satu lomba baca puisi FLS2N tingkat nasional, Diani berharap prestasinya bukan menjadi titik akhir melainkan titik awal untuk terus bisa berprestasi dalam bidang baca puisi.

“Ini adalah titik awal perjuangan saya supaya bisa meningkatkan minat serta bakat saya dalam membaca puisi dan semoga bidang baca puisi bisa lebih dikenali lagi di masyarakat,” kata dia.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kawali, Endang Mulyadi mengaku sangat senang karena salah satu muridnya berhasil meraih juara 1 dalam ajang lomba baca puisi FLS2N tingkat nasional.

“Saya sangat merasa bersyukur, di SMAN 1 Kawali memang kita merintis sejak awal untuk meraih prestasi medali emas di tingkat nasional. Baik akademik maupaun non akademik,” kata Endang.

Endang berharap Diani bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi adik kelasnya agar bisa meraih prestasi dalam ajang FLS2N berikutnya. Baik dalam lomba baca puisi atupun lomba yang lainnya.

“Mudah mudahan kedepan kita bisa melahirkan Diani yang lainnya, adik-adik kelasnya sangat merasa termotivasi dengan prestasi yang diraih Diani. Bahkan kemarin ada yang ikut lomba akademik tingkat nasional dan Alhamdulillah berhasil meraih juara 2,” Endang menegaskan.

(Fauza/Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img