spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    19 Kecamatan di Bandung Berpotensi Terdampak Gempa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat ada 19 kecamatan di Kota Bandung yang berpotensi tinggi terdampak bencana gempa.

    “Kita tengah menyusun peta risiko bencana di Kota Bandung yang diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat. Berdasarkan kajian awal, 19 kecamatan berpotensi tinggi terdampak bencana gempa, sisanya sedang. Kota Bandung berpotensi terhadap bencana,”kata Kepala Seksi Mitigasi Bencana Diskar PB Kota Bandung Amires Pahala di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Kamis (14/10/2021).

    Menurutnya, ke 19 kecamatan tersebut berpotensi tinggi terdampak bencana gempa dari jalur Sesar Lembang. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan memahami tentang mitigasi bencana.

    “Kawasan risiko bencana dalam proses, mau tinggi atau sedang kita tetap harus waspada,”ucapnya.

    BACA JUGA: Stok Vaksin Kota Bandung Aman, Target Vaksinasi Rampung Desember

    Terkait ke 19 kecamatan tersebut, Amires enggan menjelaskan lebih lanjut nama-nama kecamatan. Sebab dikhawatirkan akan membuat panik masyarakat. Oleh karna itu, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang mitigasi bencana melalui online. Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap bencana lebih tinggi.

    “Semua bencana akan merusak yang kita harapkan walau pun tingkat kesadaran tinggi namun tingkat kerentanan rendah,” katanya.

    Sementara itu Kapala Seksi Tanggap Darurat dan Logistik Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Roby Darwan mencatat, terdapat 10 peristiwa bencana seperti banjir, pohon tumbang, kanopi roboh, longsor maupun kirmir roboh sepanjang Januari hingga Oktober. Sedangkan bencana kebakaran sebanyak 146 kejadian dan penyelamatan sebanyak 444.

    “Alhamdulillah kejadian kebakaran 2 tahun terakhir berkurang karena dua tahun sekarang kebanyakan masyarakat diam di rumah. Salah satu faktor penyebab kebakaran yaitu kelalaian manusia,” kata Roby.

    Roby menambahkan, beberapa daerah rawan longsor di Kota Bandung diantaranya di Cidadap, Mandalajati, Coblong. Sedangkan banjir di Rancasari, Gedebage, Panyileukan dan sekitar wilayah perkotaan.

    BACA JUGA: Rachel Vennya dibantu Oknum TNI kabur Dari Karantina, Ini Faktanya

    “Rawan longsor di Kota Bandung diantaranya di Cidadap, Mandalajati, Coblong. Sedangkan banjir di Rancasari, Gedebage,”ungkapnya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img