spot_img
Selasa 19 Maret 2024
spot_img
More

    Tahun 2022 Pemkab Garut Bangun Bank Pakan

    GARUT,FOKUSJabar.id: Wakil Bupati (Wabup) Garut Jawa Barat (Jabar), Helmi Budiman kunjungi peternakan sapi perah di Desa/Kecamatan Cihurip Garut Selatan (Garsel), Sabtu (9/10/2021) kemarin.

    Menurut Helmi, peternakan tersebut milik salah satu warga Cihurip yang tergabung dalam kelompok Hurip Mekar yang sudah berhasil mengembangkan sapi skala bisnis di atas 20 ekor.

    “Di sini juga ada pembuatan pakan untuk sapi skala besar,” kata Wabup Garut.

    BACA JUGA: Berawal Coba-coba, Opik Sukses Budidaya Bibit Anggur

    Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Garut, Sofyan Yani mengatakan, kunjungan Wabup ke Kecamatan Cihurip dalam rangka optimalisasi budidaya sapi serta penyediaan pakan.

    garut fokusjabar.id
    Helmi Budiman

    Menurut Sofyan Yani, produksi pakan sangat penting dalam produksi ternak. Dengan begitu, mereka (peternak) tidak rugi.

    “Pakan punya peran penting. Karena budidaya sapi tanpa pakan saya kira akan rugi. Artinya, 70 persen pakan itu  faktor utama sarana produksi ternak sapi,” imbuhnya.

    Lanjut Dia, Kelompok Hurip Mekar memiliki inovasi dalam memproduksi pakan ternak. Alhasil, ketersediaan pakan bagi ternak para petani aman dalam satu tahun.

    “Alhamdulillah, di Cihurip kelompok yang diketuai Pak Ahmad membuat inovasi (pakan) berupa silase berbahan baku rumput gajah dan tanaman jagung,” katanya.

    “Bahan baku itu diolah menjadi bank pakan secara fermentasi sehingga bisa bertahan hingga satu tahun” kata Sofyan menambahkan.

    Pihaknya akan mengembangkan produksi pakan melalui Bank Pakan yang bisa memproduksi dengan jumlah minimal 15 liter per hari.

    Dengan begitu, bisa membantu memenuhi kebutuhan pakan para peternak yang memiliki jumlah ternak dalam skala besar.

    “Insya Allah tahun depan, Kami akan kembangkan di atas lahan seluas 9 hektar di Kecamatan Sukawening. Nanti di sana dibangun kandang dan kebun rumput,” ungkapnya.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img