spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Bangun Imunitas Kebangsaan, BB1%MC Gelar Upacara Kemerdekaan Virtual

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagai upaya membangun ‘imunitas’ kebangsaan dalam melawan pandemi COVID-19, Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) West Java Chapter menggelar Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.

    Upacara ini juga tak hanya dihadiri oleh perwakilan checkpoint seluruh Jabar, tapi juga para veteran perang kemerdekaan yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia.

    Menurut Vice President BB1%MC West Java Chapter, Adi ‘Ochund’ Fitriadi Wijaya, melalui upacara bendera ini pihaknya ingin mengajak seluruh warga yang tergabung untuk tidak lelah berjuang membangun solidaritas kemanusiaan di masa sulit seperti ini.

    “Bangsa ini sedang menghadapi situasi sulit akibat pandemi global. Ketika semua orang merasakan dampak akibat pandemi, hanya solidaritas terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang dapat membuat kita tetap bersatu,” kata Adi, seusai upcara hari kemerdekaan virtual di Gor Saparua Kota Bandung, Selasa (17/8/2021).

    BACA JUGA: BB1%MC West Java Chapter Bantu Kejar Target Herd Immunity di Jabar

    Upacara virtual ini dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan. Jalannya upacara berlangsung dengan khidmat.

    “Sebelum upacara kita laksanakan swab terlebih dahulu dengan menjalankan prokes yang ketat, ” kata dia.

    Adi menambahkan, ide kebangsaan dalam sejarahnya datang dari sedikit orang yang memimpikan lalu memperjuangkan di masa kolonial. Contohnya, berbagai gerakan solidaritas nasional seperti STOVIA, Budi Utomo atau Sarekat Islam.

    “Begitupula dengan kita semua, kita hanyalah 1 % warga negara yang bermimpi untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan yang merdeka, berkarakter dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan diantara sesama anak bangsa, ” kata dia.

     Adi menyebutkan, kunci dari amanat upacara ini adalah penegasan bahwa persaudaraan adalah benteng terakhir yang dimiliki bangsa Indonesia.

    “Benteng terakhir bangsa ini adalah persaudaraan, tiada kata lain,” kata dia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img