spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Diajak Olahraga Roundnet

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berbagai upaya dilakukan semua pihak dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan salah satunya dengan meningkatkan imunitas melalui olahraga. Seperti yang dilakukan perkumpulan Roundnet Indonesia.

Perkumpulan olahraga non profit yang berpusat di kota Bandung ini melakukan kegiatan dengan mengajarkan langsung cara berolahraga kepada para penghuni Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta pada Sabtu (28/7/2021) lalu. Kegiatan dipimpin langsung pelopor sekaligus pendiri perkumpulan Roundnet Indonesia, Genta Fajar sekaligus sekaligus mendonasikan peralatan olahraga roundnet yang diterima langsung Bagian Humas, AKP Wiradi dan tim.

fokusjabar.id covid-19 wisma atlet roundnet
Tim roundnet Indonesia mengenakan APD lengkap saat di area RSDC Wisma Atlet. (FOTO: Istimewa)

Genta Fajar bersama beberapa trainer dari Roundnet Jakarta Barat secara langsung memberikan pengenalan dan pengajaran terkait olahraga olah raga permainan yang diciptakan Jeff Krunek pada tahun 1989 tersebut. Dalam teknisnya, tim dibagi dua yakni tim pertama yang berjumlah lima orang langsung berhadapan dengan pasien Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap sesuai protokol kesehatan di red zone. Sedangkan tim kedua yang berjumlah tiga orang ke lantai 12 untuk mengajarkan area nakes dan relawan berolahraga.

“Tim humas Wisma Atlet menyambut baik kegiatan ini sekaligus memberikan bimbingan dan arahan dengan sangat baik, terutama untuk tim yang ke red zone karena area tersebut adalah tempat yang rawan dan beresiko dimana pasien positif Covid-19 masih sangat banyak. Kami dari tim trainer pun wajib menggunakan APD dengan standar prokes yang ketat dan ditemani staff nakes selama berada di red zone area,” kata Genta Fajar saat ditemui di Bandung, Senin (2/8/2021).

BACA JUGA: Pemkab Ciamis Salurkan Rp3 Milyar Dana Infaq ASN untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Ide dan rencana kegiatan, lanjut Genta, tercetus saat viralnya beragam video pasien wisma atlet yang sedang berolahraga beberapa waktu lalu. Untuk itu, pihaknya menilai jika para pasien, nakes dan relawan membutuhkan aktifitas olahraga untuk meningkatkan imunitas mereka.

“Di wisma atlet, baik pasien, nakes dan relawan, membutuhkan aktifitas yang happy atau gembira demi menjaga dan menaikkan imun sehingga kami yakin roundnet yang sifatnya olahraga rekreasi dapat sedikitnya membantu teman-teman disini dari sisi kesehatan berolahraga dan hati yang riang gembira,” kata dia.

fokusjabar.id covid-19 wisma atlet roundnet
Penyerahan donasi peralatan olahraga roundnet. (FOTO: Istimewa)

Dengan berdasar hal tersebut, Genta mengaku jika pihaknya tergerak untuk mengenalkan dan memberikan alat olahraga roundnet meski harus berhadapan langsung dengan resiko penularan virus SARS-CoV-2 karena berhadapan langsung dengan pasien.

“Alhamdulilah setelah kami berkoordinasi dengan wisma atlet dan membuka donasi, terkumpul uang yang hasilnya untuk membeli beberapa set alat olahraga roundnet baik untuk anak-anak maupun untuk dewasa,” Genta menuturkan.

Genta menambahkan, wisma atlet tidak semenakutkan yang selama ini diberitakan. Pelayanan humas wisma atlet yang sangat baik sejak kedatangan hingga kepulangan membuat tim sangat nyaman dan aman berada disini”

“Roundnet baru sekitar setahun dikenalkan di Indonesia dan bisa menjadi pilihan olahraga di era pandemi ini. Untuk yang ingin lebih mengenal olahraga ini bisa mengunjungi akun sosial media kemai di @roundnetindonesia atau www.roundnetindonesia.com,” kata Genta.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img