spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Mulai Sabtu (24/7), Enam Atlet Jabar Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Enam orang atlet asal Jawa Barat tampil di multieven olahraga terbesar di dunia, Olimpiade edisi ke-32 yang digelar di Tokyo, Jepang, 23 Juli sampai 8 Agustus mendatang. Indonesia mengirimkan 28 orang atlet yang akan berlaga di delapan cabang olahraga dan dibantu 17 orang ofisial.

Kedelapan cabang olahraga yang akan diikuti atlet Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 yakni atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar. Sedangkan atlet Jabar akan berlaga di lima cabang olahraga.

Yakni Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri) di cabang olahraga bulutangkis, lalu Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m air rifle) di cabang olahraga menembak, Windy Cantika Aisah (49 kg putri) di cabang olahraga angkat besi, Aflah Fadlan Prawira di cabang olahraga renang, serta Melani Putri (ligtweight women double) di cabang olahraga rowing.

BACA JUGA: Jokowi Klaim PPKM Darurat Berhasil Menekan Laju Penularan Covid-19

fokusjabar.id Olimpiade Tokyo 2020 Jabar Indonesia
Anthony S. Ginting. (FOTO: WEB)

“Bagi KONI Jabar, pencapaian enam atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2021 ini sudah sangat hebat dan menjadi prestasi puncak. Apalagi jika bisa meraih medali emas,” kata Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (21/7/2021).

Keenam orang atlet tersebut, lanjut Ahmad, merupakan yang terpilih dari sekian banyak atlet asal Jabar yang mengikuti tahapan seleksi untuk bisa tampil di Olimpiade Tokyo. Seperti di cabang olahraga dayung sebanyak 12 atlet yang mengikuti seleksi, lalu di menembak (6 orang atlet) dan karate (4 orang atlet).

“Mereka ini sudah menjadi atlet-atlet dunia dan sudah mampu melewati level Asia. Mereka atlet-atlet yang sudah sangat hebat, luar biasa,” Ahmad menambahkan.

fokusjabar.id Olimpiade Tokyo 2020 Jabar Indonesia
Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. (FOTO: WEB)

Dengan pencapaian enam atlet Jabar yang tampil di Olimpiade, Ahmad mengatakan jika hal tersebut menjadi role model bagi pembinaan olahraga prestasi. Dengan demikian, konsep pembinaan olahraga prestasi tersebut bisa menjadi acuan bagi semua cabang olahraga di Jabar.

“Mulai dari durasi pembinaan atlet, usia ideal atlet untuk mulai dilakukan pembinaan, hingga formulasi pembinaannya seperti apa,” kata dia.

Gelaran multieven olahraga terakbar di dunia ini, sudah mulai menggelar pertandingan pada hari ini (Rabu, 21/7/2021). Berdasarkan jadwal resmi di laman Olimpiade Tokyo 2020, terdapat dua cabang olahraga yang sudah memulai pertandingan yakni baseball/softball dan sepakbola.

Atlet Indonesia sendiri akan memulai kiprah mereka di Pesta Olahraga Dunia empat tahunan itu pada 23 Juli 2021. Yakni di cabang olahraga menembak dan panahan.

Sementara berdasarkan cabang olahraga yang akan diikuti, atlet asal Jabar mulai berlaga pada Sabtu (24/7/2021). Yakni bulutangkis, dayung, angkat besi, renang dan menembak. Sedangkan untuk cabang olahraga dayung akan dimulai pada Minggu (25/7/2021).

Rangkaian pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 bisa disaksikan melalui siaran langsung di TVRI ataupun live streaming di Vidio.com.

(ageng)

Artikel Lainnya

spot_img