spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Empat Hormon Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Imun

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19 masyarakat sekarang harus memperhatikan empat hormon yang ada ditubuh.

    Kepala Bidang Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Eni Rochaeni mengatakan, beberapa hormon yang harus diperhatikan untuk menjaga agar tidak mengalami stres. Empat hormon yang harus ditingkatkan tersebut adalah hormon Dopamin untuk meningkatkan rasa puas terhadap diri sendiri.

    “Mencapai apa yang kita inginkan bisa meningkatkan hormon ini misal makan enak dan mencapai prestasi yang kita harapkan (Merasa puas),” katanya.

    Eni menuturkan, rasa kasih sayang terhadap sesama dan hubungan suami istri yang mesra bisa meningkatkan hormon Oksitosin (Hormon Cinta).

    BACA JUGA: Hati-Hati Alat Kontrasepsi Hormonal, Pemicu Kanker Payudara

    “Sering berhubungan intim suami istri dengan mesra  akan meningkatkan hormon oksitosin,” ucapnya.

    Eni melanjutkan, sering berwisata menikmati keindahan alam, pantai dan tempat-tempat indah lainya bisa meningkatkan hormon Serotomin.

    “Rasa syukur melihat keindahan alam bisa menjadi meningkatnya hormon Serotomin,” kata dia.

    Eni menambahkan, menghilangkan rasa sakit, gundah gulana dengan banyak berolahraga dan mendengarkan musik atau kesukaan apa saja yang kita suka bisa meningkatkan hormon Endophrin.

    “Bernyanyi dengan riang dan senang hati dipastikan hormon Endophrin akan meningkat,” kata dia.

    Eni berharap, dengan semua yang kita lakukan dalam meningkatkan empat hormon tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan akibat lemahnya imun ditubuh kita.

    ” Yang penting pula dalam kondisi saat ini protokol kesehatan jangan pernah diabaikan,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img