spot_img
Kamis 2 Desember 2021
spot_img
spot_img

4 Penyebab Nyeri Otot yang Wajib Anda Ketahui

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Myalgia adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut nyeri otot. Meski biasanya ringan dan hanya terjadi di satu otot tertentu. Sakitnya juga bisa terasa di seluruh bagian tubuh dan sangat menyiksa.

Sebenarnya, nyeri otot bukanlah suatu penyakit, tetapi gejala dari suatu penyakit atau kondisi. Penyebabnya sangat beragam. Mulai dari postur tubuh atau gerakan olahraga yang tidak tepat, cedera otot, infeksi, hingga efek samping obat-obatan.

Nyeri otot bisa muncul di bagian tubuh mana pun, misalnya otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis. Nyeri ini lazim dialami oleh setiap orang.

BACA JUGA: 4 Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya yang Harus Anda Waspadai

Nyeri otot bisa digambarkan dengan rasa kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu. Misalnya, nyeri otot tangan akibat mengangkat benda berat, atau nyeri otot leher dan punggung akibat duduk dalam posisi yang salah terlalu lama.

Terkadang nyeri otot dapat melibatkan lebih dari satu otot, bahkan bisa terasa di seluruh tubuh. Pada beberapa kasus, nyeri otot bisa terasa sangat parah dan berlangsung dalam waktu yang lama, bisa berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Pada kasus yang parah, nyeri otot cenderung tidak membaik walaupun seseorang sudah beristirahat, bahkan menyebabkan kesulitan saat melakukan aktivitas. Misalnya, nyeri otot parah di jari tangan membuat penderita susah menjentikkan jari atau membuka tutup botol.

Nyeri otot juga bisa disertai gejala lain, seperti bengkak pada area yang nyeri, demam dan menggigil, serta lemas.

Nyeri otot sepertinya menjadi salah satu penyakit yang kerap kali menghampiri ketika telah lelah saat beraktivitas. Umumnya kondisi satu ini akan terjadi pada bagian seperti kaki, leher dan juga otot lengan. Akan tetapi, apabila anda mengalami rasa nyeri yang bukan karena angkat beban berat, tentunya hal ini harus diwaspadai. Berikut penyebab nyeri otot yang perlu anda ketahui.

Penyebab Rasa Nyeri Pada Otot yang Wajib Diketahui

1. Kekurangan Tidur

Alasan pertama yang menyebabkan otot menjadi nyeri adalah kurangnya jam tidur. Hal ini ternyata mampu membuat otot sakit. Oleh karena itu, penting untuk tidur yang cukup yakni dalam waktu sekitar 7 hingga 8 jam. Sebab, dengan jangka waktu tersebut memang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki otot.

Akan tetapi, apabila anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk tidur, tentunya tubuh pun akan merasa lebih lemas. Hal ini menyebabkan timbulnya hormon stres yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bisa berpikiran yang jernih.

2. Nutrisi yang Kurang

Penyebab nyeri otot selanjutnya adalah kurangnya nutrisi di dalam tubuh. Apabila nutrisi yang diperoleh kurang optimal tentunya akan membuat tubuh menjadi tidak dapat memulai aktivitas dengan baik. Adapun nutrisi bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan yang bergizi, vitamin dan juga mineral.

Dengan adanya nutrisi akan mampu menjaga tulang agar tetap kuat, otak bisa berpikiran jernih dan juga membuat tubuh menjadi sehat. Namun, apabila anda kekurangan nutrisi di dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan otot menjadi sakit. Oleh karena itu, dengan adanya vitamin D di dalam tubuh, akan membuat otot menjadi lebih kuat.

3. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan otot menjadi nyeri. Ketika anda merasakan rasa haus yang berlebihan, hal ini mengindikasikan dehidrasi dalam tubuh. Selain itu, kekurangan air dalam tubuh ternyata juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan nyeri otot.

Sehingga, anda pun wajib mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Tak hanya itu saja, selain menjadi penyebab nyeri otot, jika anda mengalami dehidrasi juga akan mampu mengakibatkan sakit kepala. Bahkan anda pun akan merasa kelelahan hingga mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang lain apabila anda mengalami dehidrasi dalam jangka waktu yang berkepanjangan.

4. Stres yang Berlebih

Tak Hanya Dehidrasi, Berikut 4 Penyebab Nyeri Otot yang Wajib Anda Ketahui

Masalah lain yang bisa menjadi salah satu penyebab otot sakit adalah stres. Jika anda mengalami stres, hal ini memang kerap kali dikaitkan dengan memburuknya kesehatan mental seseorang. Sehingga, tak hanya berdampak untuk kesehatan mental pada seseorang saja. melainkan stres juga bisa cukup berbahaya bagi otot anda.

Oleh karena itu, stres yang berlebihan akan menjadi penyebab otot nyeri yang perlu anda perhatikan. Sebab, orang yang menderita stres umumnya akan mudah merasa lelah. Selain itu, mereka pun akan kerap kali merasakan sakit. Tentu saja hal ini dikarenakan tubuh sendiri akan merasa susah untuk bisa mengelola peradangan dengan baik ketika sedang dilanda stres dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika merasa bahwa otot nyeri. Sebab, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Oleh karena itu, anda pun perlu memberikan perhatian yang ekstra agar nantinya kondisi fisik dari tubuh dapat berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan otot memiliki peranan yang penting di dalam tubuh seseorang.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img