spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil: Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk Wilayah Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengkonfirmasi bahwa  Covid-19 varian delta sudah masuk wilayah Jawa Barat, Senin (21/6/2021).

    Emil pun meminta masyarat untuk waspada dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

    “Berita paling baru, paling penting hari ini adalah varian (virus Covid-19) Delta sudah hadir di Jabar. Hadir di Karawangn dan Depok berdasarkan kajian genome sequencing yang dilakukan Labkesda dan ITB,” kata Emil.

    Informasi masuknya Covid-19 varian delta tersebut didapatkan berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing (pemetaan penyebaran virus) kajian Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

    BACA JUGA: Ini Aturan Lengkap PPKM Mikro Ketat yang Berlaku Hingga 5 Juli 2021

    “Varian (virus Delta) ini penularannya lebih cepat dari varian sebelumnya. Mudah mudahan dengan berita ini kita tingkatkan kewaspadaan kita. Mohon disampaikan kepada masyarakat dengan kehadiran varian delta di Jabar prokes 5 M ditingkatkan lagi,” kata dia.

    Emil menyebut situasi keterisian di Rumah Sakit untuk pasien Covid-19 di Jawa Barat sudah mencapai 84 persen. Ia menginstruksikan pemerintah daerah meningkatkan kapasitas.

    “Urutan-urutan (penanganan) sudah saya perintahkan, hari ini memastikan seluruh daerah memiliki 30 persen jatah untuk tempat tidur covid dari 100 persen tempat tidur untuk pasien umum. Jika 30 persen penuh, tolong dinaikan ke 40 persen, dan jika 40 persen sudah penuh tolong dinaikkan ke 60 persen,” ucap dia.

     

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img