spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Kenali 6 Penyebab Sariawan yang Kerap Mengganggu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Munculnya sariawan di mulut memang menghadirkan rasa yang tidak nyaman. Memang penyakit ini dianggap biasa dan tidak menular mengingat bisa hilang dalam beberapa hari atau minggu.

    Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, namun jika sering muncul anda harus waspada. Berikut beberapa penyebab sariawan yang terus menerus.

    1. Cedera atau Luka

    Jika melansir Mayo Clinic yang dimuat di kompas.com, luka yang ada pada lapisan maupun jaringan mulut bisa menjadi penyebab munculnya sariawan. Tentu anda sering mengalami hal ini, dan munculnya luka juga ada banyak sebabnya. Mulai dari menyikat gigi yang menyebabkan lapisan mulut terluka, tergigit maupun konsumsi makanan yang menyebabkan memar.

    BACA JUGA: 6 Persiapan Sebelum Vaksin Yang Harus Diperhatikan

    Ada juga orang yang mengalami karena peralatan gigi contohnya kawat gigi. Penggunaan obat kumur yang terlalu keras juga menjadi penyebab karena merusak lapisan mulut paling luar. Kebiasaan tidak menjaga mulut tetap bersih juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu anda harus mulai mengeliminasi penyebab agar bibir tidak cedera maupun luka.

    2. Kekurangan Vitamin

    Penyebab sariawan sering datang juga lantaran kekurangan vitamin. Vitamin yang dimaksudkan adalah vitamin B12. Kurang vitamin satu ini biasanya lebih umum terjadi pada anak anak. Karena anak anak cenderung tidak menyukai makanan yang mengandung zat ini. Vitamin B12 bisa didapatkan dari makanan seperti telur, daging sapi, kepiting juga produk susu.

    3. Daya Tahan Tubuh Melemah

    Orang dengan kekebalan tubuh yang buruk akan rentan terserang. Memang masih terlalu sulit menjelaskan korelasi antar keduanya. Namun yang pasti sistem kekebalan tubuh yang baik mampu untuk mencegah serta menyembuhkannya dengan cepat. Oleh sebab itu, ada harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak sering sariawan.

    4. Gejala Penyakit Tertentu

    Walaupun penyakit tidak menular, namun terus menerus juga bisa sebagai gejala adanya beberapa kondisi penyakit tertentu. Penyebabnya harus dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut. Mengingat ada beberapa penyakit yang berkaitan, mulai dari lupus, penyakit radang usus, penyakit Behcet hingga AIDS. Untuk lebih tahu ada baiknya konsultasi dengan ahlinya.

    5. Perubahan Hormon

    Pada wanita yang dalam periode menstruasi juga bisa tiba tiba terjadi sariawan. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon. Bukan hanya itu, bisa muncul lantaran tidak bisa mengelola stres dengan baik. Jika penyebabnya adalah stres maka bisa menyerang wanita juga pria dengan kondisi tersebut.

    Maka dari itu seseorang yang sering mengalaminya dianjurkan untuk mengelola stres. Mengelola stres bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti liburan maupun rutin berolahraga. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar proses penyembuhannya lebih cepat dan tak sering terjadi.

    6. Konsumsi Makanan Tertentu

    Hadirkan Rasa Tak Nyaman, Kenali Penyebab Sariawan Terus Menerus

    Jika melanjur WebMd yang dikutip dari kompas.com, konsumsi makanan yang terlalu asam, terlalu berminyak hingga terlalu pedas bisa menjadi penyebab sariawan. Tidak hanya itu, konsumsi minuman terlalu panas juga bisa menimbulkan sariawan di mulut. Untuk itu, ada baiknya membatasi konsumsi makanan tersebut agar sariawan tidak datang terlalu sering.

    Itulah beberapa penyebab dari sariawan yang kerap muncul pada mulut anda. Untuk mengatasinya, anda bisa mengurangi kebiasan yang menjadi pemicunya. Selain itu diimbangi dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat. Agar daya tahan tubuh anda tetap dalam kondisi stabil, yang mana menjadikan jaringan mulut tetap sehat serta tak sering sariawan.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img