spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Kemenag dan MUI Kota Bandung Imbau Salat Ied Digelar Menyebar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengimbau masyarakat agar melaksanakan Salat Idul Fitri secara menyebar di wilayah masing-masing. Hal itu untuk meminimalisasi potensi kerumunan dan penyebaran Covid-19.

    Kepala Kemenag Kota Bandung Tedi Ahmad Junaedi mempersilakan masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di lingkungan yang dekat dengan pemukiman sendiri dengan jumlah jemaah yang tidak banyak. Termasuk boleh melaksanakan Salat Idul Fitri di gang-gang pemukiman warga.

    “Bisa 40 orang Salat Idul Fitri di gang-gang. Justru itu yang diharapkan, tidak tersentralisasi, terpecah. Silakan musola menyelenggarakan. Masjid jami menyelenggarakan silakan,” kata Tedi Taman Sejarah, Jalan Aceh Kota Bandung Jabar, Selasa (11/5/2021).

    Menurut dia, pelaksanaan Salat Ied di lapangan pun bisa dilakukan dengan tetap menjaga dan memerhatikan protokol kesehatan (Prokes). Selain itu, pelaksanaan khotbah pun diharapkan disampaikan tidak lebih dari 20 menit. 

    BACA JUGA: Kendalikan Covid-19, Warga Kota Bandung Dilarang Takbir Keliling

    “Sejauh ini belum ada masjid-masjid yang mengajukan akan melaksanakan Salat Idul Fitri. Permohonan biasa diajukan kepada pemerintah tingkat kecamatan atau gugus tugas,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl mengatakan, pihaknya menyediakan teks khutbah Salat Idul Fitri bagi khatib yang memerlukan. Teks yang dibuat dipastikan tidak seragam namun memuat nilai umum, yaitu mensyukuri Idul Fitri dan sabar dalam menghadapi musibah.

    Bagi yang memerlukan bahan khotbah bisa menghubungi langsung MUI di tingkat kecamatan atau Kota Bandung. Sejauh ini, mereka yang meminta teks tersebut relatif tidak banyak sebab mayoritas pengkhotbah sudah terlatih dan biasa berkhotbah.

    “Khotbah sudah disampaikan sesingkat mungkin, 20 menit, dan doa isi khotbah meningkatkan ketakwaan membuktikan keberhasilan saum menjadi takwa dan sabar serta membangun ukhuwah persaudaraan,” kata Miftah.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img