spot_img
Selasa 4 Mei 2021
spot_img
spot_img

Liga Catur Ngabuburit, Upaya Percasi Kota Bandung Gelar Kompetisi sekaligus Silaturahmi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Liga Catur Ngabuburit kembali digelar Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung setelah tidak digelar di tahun 2020 akibat pandemim Covid-19. Pada pelaksanaan tahun 2021, sebanyak 50 atlet catur ikut serta pada kegiatan yang digelar di Kalya Hotel, Jalan Sumurbandung, Kota Bandung, Senin (3/5/2021) malam WIB.

Ketua Harian Percasi Kota Bandung sekaligus Ketua Pelaksana Liga Catur Ngabuburit, Salahudin Al Ayubi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun oleh Percasi Kota Bandung. Selain ajang kompetisi, kegiatan pun menjadi ajang silaturahmi diantara pegiat olahraga catur di Kota Bandung.

“Di tahun 2020, kegiatan tidak bisa digelar karena ketatnya aturan akibat pandemi Covid-19. Dan di tahun ini, kami gelar dengan beberapa pembatasan,” kata Ayub, sapaan akrab Salahudin Al Ayubi.

Pelaksanaan Liga Catur Ngabuburtit di tahun 2021, kata Ayub, atas desakan para atlet serta pegiat olahraga catur di Kota Bandung akan kegiatan offline. Pasanya, selama pandemi, kegiatan-kegiatan catur digelar secara online atau daring.

“Jadi ada kerinduan dari para pegiat catur ini akan kegiatan offline. Karena feel-nya sangat jauh berbeda antara catur online dengan offline, salah satunya di tekanan mental. Sehingga kita gelar lagi Liga Catur Ngabuburit ini yang disatukan dengan silaturahmi serta buka puasa bersama,” Ayub menuturkan.

BACA JUGA: PCI Kota Bandung Bertekad Budayakan Olahraga Cricket

fokusjabar.id liga catur ngabuburit percasi kota bandung
(FOTO: Ageng)

Namun karena masih dalam kondisi pandemi, Ayub mengaku ada beberapa perbedaan dari sisi pelaksanaan pertandingan. Salah satu yang mencolok yakni dari jumlah peserta.

“Kalau di situasi normal, pesertanya bisa mencapai 150 orang. Tapi karena masih dalam pendemi dan dengan ketentuan pembatasan kapasitas, jadi kami membatasi peserta hanya 50 orang. Kalau nomor pertandingan hanya satu yakni catur cepat,” kata dia.

Melalui kegiatan yang digelar, Ayub berharap para atlet catur Kota Bandung bisa terus mengasah kemampuan mereka. Terutama atlet-atlet yang dipersiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV tahun 2022 mendatang.

“Alhamdulillah, sentuhan mereka masih ada sehingga dua atlet kita bisa menembus posisi tiga besar. Total ada sekitar 16 atlet catur binaan Percasi Kota Bandung yang ikut dalam kegiatan ini yang lima atlet diantaranya merupakan tim bayangan Porprov XIV Kota Bandung,” kata dia.

Apresiasi dari kegiatan yang digelar diungkapkan Dewan Penasehat Percasi Kota Bandung, Ayi Vivananda. Wakil Wali kota Bandung periode 2008-2013 yang juga penggemar olahraga catur ini sangat mendukung kegiatan yang digelar Percasi Kota Bandung.

fokusjabar.id liga catur ngabuburit percasi kota bandung
(FOTO: Ageng)

“Catur ini kan olahraga yang memasyarakat. Bisa dimainkan dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Jadi saya apresiasi positif kegiatan yang digelar Percasi Kota Bandung ini,” kata Ayi.

Selain itu, Ayi menambahkan jika Kota Bandung memiliki potensi untuk melahirkan atlet-atlet catur handal. Tidak hanya untuk prestasi tingkat regional dan nasional, bahkan di level dunia.

“Kita kan sudah tahu Samantha yang diusia kurang dari 10 tahun sudah berhasil menjadi juara dunia. Itu dari Kota Bandung, belum lagi nama-nama lainnya. Jadi potensinya ada bagi Kota Bandung sebagai barometer dan kekuatan catur di Jabar, Indonesia, bahkan dunia,” Ayi menegaskan.

Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi pun mengapresiasi kegiatan Liga Catur Ngabuburit yang diinisiasi Percasi Kota Bandung. Meski ditengah berbagai kesulitan akibat pandemi Covid-19, Percasi Kota Bandung masih mampu melakukan pembinaan terhadap atletnya melalui sebuah kegiatan kompetisi.

“Ini sangat positif dan saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Percasi Kota Bandung. Di masa seperti ini, pengcab-pengcab memang harus terus berinovasi dan berkreasi sehingga proses pembinaan tetap berjalan baik,” kata Nuryadi.

fokusjabar.id liga catur ngabuburit percasi kota bandung
(FOTO: Ageng)

Pada gelaran Liga Catur Ngabuburit tahun 2021, Percasi Kota Bandung mempersiapkan hadiah uang tunai bagi 10 besar. Selain itu, diberikan hadih doorprize berupa uang tunai bagi tiga orang.

BACA JUGA: 40 Komunitas Otomotif Jabar Kumpul di Bandung

Berikut 10 besar Liga Catur Ngabuburit 2021-Percasi Kota Bandung

  1. IM. Cecep Kosasih (Point: 6)
  2. Arifa Rizki Syaputra (Point: 6)
  3. FM. Deni Sonjaya (Point: 5,5)
  4. Firman (Point: 5,5)
  5. M. Ariel (Point: 5,5)
  6. David Christian (Point: 5)
  7. FM. Aris Sinurat (Point: 5)
  8. Revansen (Point: 5)
  9. Soleh Darmawan (Point: 5)
  10. Arfans (Point: 4,5)

(ageng)

Artikel Lainnya

spot_img