spot_img
Minggu 2 Mei 2021
spot_img
spot_img

MotoGP 2021, Fabio Quartararo Berpeluang Samai Rekor Rossi di Jerez

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pebalap Prancis yang pada musim ini membela tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo meraih pole position dan start dari posisi terdepan pada balapan MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam mulai pukul 19.00 WIB.

Dilansir dari kompas.com, pada sesi kualifikasi kedua (Q2) di Sirkuit Jerez, Sabtu (1/5/2021) malam WIB, Fabio Quartararo tampil sebagai rider tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 35,755 detik. Dia mengungguli Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Ducati) yang secara berurutan menempati peringkat kedua dan ketiga.

Hasil ini, membuat pebalap Monster Energy Yamaha yang mempunyai julukan El Diablo ini secara beruntun merebut pole position pada balapan MotoGP 2021. Sebelumnya, dia meraih pole position pada balapan MotoGP Doha di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, 18 April lalu.

Pada kualifikasi pertama (Q1) MotoGP Spanyol 2021, Fabio Quartararo langsung memimpin dengan catatan waktu lap 1 menit 36,807 detik. Disusul pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli yang lebih dulu menjalani Q1 sebelum lolos ke Q2.

Kedua pebalap Yamaha itu dibayangi pebalap asal Jepang, Takaaki Nakagami di posisi ketiga pada Q1. Namun pada Q2, Takaaki Nakagami mulai mendapat gangguan dari duet pebalap Ducati, Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Jack Miller yang sebelumnya berada di peringkat keempat pun berhasil menggusur Takaaki Nakagami dari urutan ketiga. Tak hanya itu, Takaaki Nakagami pun berhasil disalip Francesco Bagnaia pada detik-detik akhir sesi kualifikasi MotoGP Spanyol sehingga harus terlempar dari posisi empat besar.

fokusjabar.id fabio quartararo motogp 2021
Fabio Quartararo tampil sebagai rider tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 35,755 detik dan memastikan pole position pada balapan MotoGP Spanyol 2021 di sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam WIB. (FOTO: motogp.com)

BACA JUGA: Kerap Tampil di Piala Menpora 2021, Ini Kata Beckham

MotoGP Spanyol merupakan seri keempat dalam Kejuaraan Dunia balap motor MotoGP musim 2021. Sebelumnya, sudah ada tiga seri yang bergulir yakni MotoGP Qatar, Doha, dan Portugal.

Balapan di Sirkuit Jerez, nama Fabio Quartararo tidak akan terpisahkan. Pebalap yang di musim sebelumnya memperkuat tim Petronas Yamaha SRT ini tercatat pernah menorehkan hasil gemilang di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 4,4 kilometer itu.

Saat itu, El Diablo, yang masih memperkuat Petronas Yamaha SRT, berhasil meraih double winner di Jerez. Tepatnya pada seri MotoGP Spanyol dan Andalusia.

“Saya bersemangat untuk pergi balapan di Jerez akhir pekan ini. Kami memulai GP ini (MotoGP Spanyol) dengan penuh percaya diri. Tahun lalu saya memenangkan kedua balapan di trek itu,” kata Quartarao dikutip dari laman Yamaha MotoGP, Kamis (29/4/2021).

El Diablo pun menatap MotoGP Spanyol 2021 dengan percaya diri usai menang beruntun pada dua seri sebelumnya. Quartararo meraih podium pertama pada race MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, dan MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

“Tahun ini saya memulai GP Spanyol setelah memenangkan dua balapan sebelumnya. Tentu saja, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di MotoGP, tapi saya merasa baik saat ini,” kata pebalap kelahiran 20 April 1999 ini.

“Jadi, kami akan melakukan yang terbaik lagi!” kata rekan setim Maverick Vinales itu menegaskan.

BACA JUGA: Diminta Maju di Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Saya Fokus di Jabar

fokusjabar.id fabio quartararo motogp 2021
Starting Grid MotoGP Spanyol 2021 di sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam WIB. (FOTO: motogp.com)

Saat ini, Fabio Quartararo memimpin klasemen sementara pebalap MotoGP 2021 dengan koleksi 61 poin. Jika kembali meraih podium juara MotoGP Spanyol 2021 di sirkuit Jerez, Quartararo bakal mencetak hattrick kemenangan di Sirkuit Jerez.

Artinya, El Diablo bisa menyamai rekor milik dua legenda MotoGP yakni Valentino Rossi dan Alex Criville. Kedua pebalap tersebut meraih tiga kemenangan beruntun di Jerez.

Valentino ‘The Doctor’ Rossi membukukannya pada musim 2001, 2002, dan 2002. Sedangkan Criville pada 1997, 1998, dan 1999.

Berikut Starting Grid MotoGP Spanyol 2021, Sirkuit Jerez
1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)
3. Jack Miller (Ducati)

——————

4. Francesco Bagnaia (Ducati)
5. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
6. Johann Zarco (Pramac Racing)

——————

7. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
9. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

——————

10. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
11. Brad Binder (Red Bull KTM)
12. Stefan Bradl (Honda HRC)

——————

13. Pol Espargaro (Repsol Honda)
14. Marc Marquez (Repsol Honda)
15. Enea Bastianini (Esponsorama Ducati)

——————

16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
17. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT)
18. Luca Marini (SKY VR46)

——————

19. Danilo Petrucci (Tech 3 KTM)
20. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)
21. Iker Lecuona (Tech 3 KTM)

——————

22. Lorenzo Savadori (Aprilia Racing)
23. Tito Rabat (Pramac Racing)

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img