spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Laba Bersih bank bjb Tumbuh 15,2 Persen di awal 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Krisis global akibat Covid-19 tidak memengaruhi laju pertumbuhan bank bjb. Hal itu dibuktikan dengan kembali mencatatkan kinerja positif di awal tahun 2021. Salah satunya dibuktikan melalui raihan laba bersih sebesar Rp481 milyar atau tumbuh 15,2 persen year on year (y-o-y).

    Selain itu, nilai aset perseroan pun tumbuh sebesar 16,7 persen (y-o-y) atau sebesar Rp143,6 trilyun. Peningkatan ini lebih baik dibandingkan rata-rata industri perbankan nasional yang hanya tumbuh 7,41 persen dan kelompok bank pembangunan daerah yang tumbuh 9,60 persen.

    Kinerja yang baik juga tercermin dari pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Total Kredit, hingga angka Non-Performing Loan (NPL) yang terjaga dengan baik.

    Kepercayaan besar masyarakat untuk menyimpan uang di bank bjb dan masih derasnya arus likuiditas perbankan turut mendorong pertumbuhan DPK. Di triwulan pertama tahun 2021, total DPK bank bjb tumbuh sebesar 17,9 persen, yaituRp110,6 trilyun.

    BACA JUGA: bank bjb Raih Penghargaan TOP BUMD Award 2021

    “Pertumbuhan positif juga terjadi pada sektor kredit yang merupakan ujung tombak utama perseroan dalam mendongkrak pendapatan. Sektor kredit tumbuh sebesar10,3 persen atau Rp91,2 trilyun. Kredit Konsumer, UMKM, Komersial dan KPR menjadi penopang pertumbuhan kredit,” kata Dirut bank bjb Yuddy Renaldi, Selasa (27/4/2021).

    Tidak hanya itu, angka NPL alias kredit macet dan bermasalah pun berhasil ditekan pada kisaran 1,4 persen. Angka itu berada jauh di bawah industri perbankan nasional yang mencapai 3,17 persen dan kelompok bank pembangunan daerah pada level 2,88 persen. Pertumbuhan DPK dan total kredit juga berada di atas rata-rata perbankan nasional dan kelompok BPD.

    Yuddy mengatakan, pencapaian kinerja positif pada triwulan I 2021 itu mencerminkan kekuatan kinerja perusahaan untuk terus berlanjut di masa pemulihan ekonomi. Hal tersebut bisa terwujud karena konsistensi perseroan dalam menerapkan strategi bisnis dan telah teruji mampu melampaui berbagai kondisi krisis, seperti krisis 1998, 2008, hingga Covid-19 sepanjang 2020.

    “Langkah-langkah untuk menopang laju pertumbuhan bisnis telah kami persiapkan sebagai modal menghadapi berbagai situasi. Seluruh aktivitas bisnis yang kami jalani selaras dengan semangat peningkatan kualitas pelayanan. Hal itu dilakukan guna mengoptimalisasi potensi pertumbuhan usaha serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah hingga percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Yuddy.

    Berikut beberapa penghargaan yang diperoleh bank bjb pada triwulan ini:

    • The Best Indonesia GCG Award 2021 dari Economic Review

    • Excellent for the Financial Performance During September 2019-2020 dari Infobank Top BUMD Award 2021, dan Penghargaan Lainnya.

     

    Berita Terbaru

    spot_img