spot_img
Sabtu 13 Juli 2024
spot_img
More

    3 Bacaan Sholawat Kepada Nabi Beserta Arti dan Fadhilahnya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sholawat, merupakan amalan yang sangat mudah dilakukan oleh umat muslim dan amalan tersebut juga sangat dianjurkan oleh Allah SWT selain itu shalawat juga memiliki banyak Fadilah. Seperti yang terkandung dalam QS Al-Ahzab ayat 56:

    اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

    “Innalloha wa malaaa-ikatahuuu yusholluna ‘alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu ‘alaihi wa sallimuu tasliimaa” QS Al-Ahzab : 56.

    Artinya:

    “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya” QS Al-Ahzab : 56.

    Maka dari itu sebagi umat Rasulullah Saw, sudah seharusnya kita senantiasa memuji Rasulullah Saw setiap hari-hari yang kita lalui.

    Melansir dari NU Online, para ulama mengajarkan kita untuk senantiasa beradab kepada para Nabi dan Rasul. Oleh karenanya, para ulama mengingatkan umat muslim agar tidak sembarangan menggunakan lafal doa untuk para Nabi dan Rasul.

    Namun, kita juga tidak boleh mengamalkan selawat yang tidak dianjurkan dalam agama Islam karena jika kita sedang berselawat, itu artinya kita sedang mendoakan kebaikan kepada Rasulullah Saw.

    Nah berikut ini beberapa selawat yang sangat dianjurkan dibaca oleh umat muslim, mulai dari Sholawat Nabi, Sholawat Thibil Qulub dan Sholawat Nariyah.

    Baca Juga: 3 Keutamaan Salat Tarawih Berjamaah dan Tatacara Salat Tarawih

    • Sholawat Nabi.

    للَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

    “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad”

    Artinya:

    “Ya, Allah limpahkanlah sholawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW”

    Keutamaan dari membaca selawat Nabi yaitu bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang, menghilangkan kesedihan, mendapatkan pahala.

    • Sholawat Thibbil Qulub.

    اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

    “Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaaa Muhammadin, thibbil quluubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa iihaa wa ‘alaa aalihiii wa shohbihii wa salliim”

    Artinya :

    “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya”.

    Selawat Thibbil Qulub atau dikenal juga dengan selawat Nurul Abshar yang berarti Cahaya Mata Hati. Sangat bermanfaat untuk kesembuhan dan kesehatan tubuh kita dan merupakan obat dari segala penyakit.

    Selain itu, Selawat Thibbil Qulub juga jika didengarkan secara khidmat akan menentramkan hati kita dan tentunya menguatkan mental kita.

    • Sholawat Nariyah.

    اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

    “Allohumma sholli sholaatan kaamilataw wasallim salaaman Taaman. ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuq’dhobihil hawaaiju, wa tunna lu bihiro’ibu wa khusnul khotimi wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim. wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatiw wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi-laka”

    Artinya :

    “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan. serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan-pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”

    Sholawat Nariyah dikenal sebagai selawat yang sangat mustajab, dan diyakini sebagai gudang ilmu dan doa yang sangat bermanfaat.

    Sholawat Nariyah sangat dianjurkan dibaca setiap kita selesai melaksanakan shalat wajib. Karena Fadhilah membaca sholawat Nariyah yaitu kita akan dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT.

    Membaca sholawat Nabi memiliki banyak keutamaan, salah satunya bisa menentramkan hati dan menghilangkan kesedihan. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

    “Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia… Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img