spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Barat 2021; Fathir Raih Emas Perdana Kota Bandung

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung berhasil meraih satu gelar pada hari pertama Kejuaraan Panahan Tingkat Senior ‘Piala Gubernur Jawa Barat‘ Tahun 2021, Jumat (2/4/2021). Pada kompetisi yang digelar di lapangan Atletik Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, atlet panahan Kota Bandung meraih medali emas di nomor Nasional Senior Men.

Medali emas bagi Kota Bandung disumbangkan Fathir Fadhilah usai mengalahkan pemanah asal Kota Bogor, Sachri Rizky Aryaputra. Pada babak final nomor Nasional Senior Men, Fathir yang tertinggal lebih dulu di seri pertama berbalik memimpin dengan merebut tiga seri sebelumnya sehingga unggul 6-2.

Sedangkan di nomor Nasional Senior Women, medali emas diraih atlet panahan Kabupaten Bekasi, Ina Apriyani. Di babak final, Ina berhasil mengalahkan pemanah Kabupaten Cirebon, Kiraina Asyika Haeyun melalui pertarungan ketat 6-5.

Selain kategori senior, nomor nasional pun mempertandingkan untuk kategori U15. Di kelompok putra, gelar juara diraih Omar Muhammad Pasha Irawan dari Kota Depok dan Tristany Athaya Nur Arbaini (Kota Cimahi) meraih medali emas di kelompok putri.

BACA JUGA: Persib Akan Turunkan Farshad Noor Sejak Menit Pertama versus Persiraja

fokusjabar.id Piala Gubernur Jawa Barat panahan
(FOTO: Ageng)

Ketua Pelaksana Ryan Agung Hendriyana mengatakan, kejuaraan bertajuk Piala Gubernur Jawa Barat merupakan yang ketiga kali digelar di cabang olahraga panahan bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar. Selain itu, kejuaraan ini pun menjadi yang pertama kali digelar pasca pandemi Covid-19 melanda sejak tahun 2020 lalu.

“Memang ada yang berbeda dari sisi pelaksanaan kejuaraan dibandingkan sebelumnya karena saat ini digelar masih ditengah pandemi Covid-19. Kami menerapkan aturan protokol kesehatan ketat mulai swab tes bagi atlet, pelatih, panitia dan ofisial, hingga kewajiban penggunaan masker,” kata Ryan, Jumat (2/4/2021).

Pada gelaran Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2021 ini, lanjut Ryan, palaksanaan training day serta babak kualifikasi tidak digelar. Hanya pada babak delapan besar saja yang digelar secara langsung di lokasi.

“Untuk babak kualifikasi, digelar secara virtual oleh setiap atlet di daerahnya masing-masing pada 26 sampai 28 Maret 2021 lalu. Total atlet yang mengikuti babak kualifikasi mencapai 443 orang yang berasal dari 21 kota kabupaten di Jabar,” kata dia.

Dari 443 orang atlet yang mengikuti babak kualifikasi, terbagi dalam lima nomor pertandingan. Yakni nomor nasional U15 putra putri, nasional senior putra putri, recurve putra putri, compound putra putri, dan barebow putra putri.

“Dari hasil babak kualifikasi tersebut, terjaring sebanyak 160 atlet yang berhak tampil di babak delapan besar yang dilaksanakan di lapangan Pajajaran pada hari ini (Jumat, 2/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021),” kata Ryan.

Pada hari pertama pelaksanaan, Jumat (1/4/2021), dipertandingkan nomor Nasional untuk kategori U15 dan senior baik puutra maupun putri. Lalu di hari kedua, digelar pertandingan untuk nomor Recurve dan Compound baik putra maupun putri.

“Sedangkan untuk hari terakhir, akan mempertandingkan nomor barebow putra dan putri,” kata dia.

fokusjabar.id Piala Gubernur Jawa Barat panahan
(FOTO: Ageng)

Sementara Ketua Pengprov Perpani Jawa Barat, Kuat Erlangga Surya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bagi cabang olahraga panahan melalui kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat. Gelaran kejuaraan ditengah pandemi saat ini, menjadi sebuah kebanggaan dan kesempatan bagi atlet serta daerah untuk membuktikan hasil latihan yang mereka lakukan.

“Melihat antusiasme dan potensi yang muncul di kejuaraan ini, kita dari pengprov Perpani Jabar optimis jika masa depan olahraga panahan di Jabar ini akan semakin baik,” kata Kuat.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img