spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Lagi, Pemkot Bandung Terima Penghargaan

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Pernghargaan yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu diberikan atas pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dengan kategori Dukcapil BISA.

    Penghargaan ini disampaikan langsung Mendagri Tito Karnavian saat membuka acara Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2021 secara daring, Selasa (31/3/2021).

    Wali Kota Bandung Oded M. Danial sangat bersyukur atas apresiasi dari Kemendagri ini. Hal ini akan menjadi indikator terhadap kinerja Pemkot Bandung, terutama dalam melayani masyarakat.

    Namun, pihaknya mengingatkan Disdukcapil ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya agar tidak terlena atas penghargaan yang diraih. Capaian ini kata Oded harus menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja.

    “Tentu siapa pun, OPD manapun ketika kita mendapat respon positif dari pemerintah pusat saya berharap kinerja kita lebih meningkat. Walaupun memang saya melihat Dukcapil ini sudah banyak inovasinya,” kata Oded.

    BACA JUGA: Insentif Nakes Kota Bandung Terlambat

    Sementara itu, Kadisdukcapil Kota Bandung Tatang Muhtar mengamini pernyataan wali kota bahwa Disdukcapil enggan berpuas diri lantaran telah mendapatkan penghargaan dari Kemendagri.

    Justru, kata dia, penghargaan ini harus menjadi pengingat untuk mempertahankan kinerja secara optimal. Bahkan, menjadi cambuk agar bisa meningkatkan pelayananan yang diberikan.

    “Karena penghargaan bukan tujuan, tapi itu sebagai pendorong untuk kita bisa berkinerja lebih baik lagi. Melalui penghargaan itu pun bisa melihat tolak ukur dari pencapaian kinerja kita dari sisi evaluasi dari pusat, terutama dari kementerian,” kata Tatang.

    Menurut dia, Kota Bandung menjadi daerah terbaik dalam memberikan layanan Dukcapil bersama 38 kota kabupaten di Indonesia. Hal ini menjadi sangat istimewa mengingat kondisi demografis Kota Bandung yang semakin padat penduduk.

    “Tujuan kita bagaiamana bisa memberikan layanan terbaik ke masyarakat. Istilahnya, pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” kata dia.

    Tatang mengatakan, kata kunci menghadirkan kebahagian tersebut yakni dengan memberikan layanan yang cepat dan mudah. Di antaranya, yakni Disdukcapil terus mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara daring.

    Terlebih, di tengah pandemi ini layanan daring menjadi keniscayaan dalam rangka meminimalisasi interaksi masyarakat. Sehingga, Disdukcapil juga sekaligus berperan penting dalam menekan mata rantai penyebaran virus Corona.

    “Kita sudah memberikan banyak layanan online dengan berbagai aplikasi, seperti untuk pemutakhiran data kartu keluarga dan KTP kita memiliki aplikasi Pemuda. Kemudian akta kelahiran, KIA, identitas anak termasuk kematian kita ada aplikasi Salaman, dan itu bisa diunduh di web atau playstore,” kata dia.

    Untuk memudahkan jangkauan masyarakat yang masih memerlukan layanan langsung, pihaknya juga membuat beberapa gerai yang tersebar di sejumlah wilayah. Bahkan, dalam waktu dekat akan dibuat lagi, sehingga total akan ada lima gerai tambahan.

    “Kemudian terkait dengan kecepatan dan kemudahan ini juga kita telah mendistribusikan layanan di 30 kecamatan dan kita memiliki 4 gerai di Metro Indah Mal, Festival Citylink, BTC Pasteur dan di Gedung DPRD. In Sya Allah ada penambahan gerai di Summarecon,” kata Tatang.

    Sebelumnya, Disdukcapil Kota Bandung juga telah menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, sebagai salah satu Kota Penyelenggaraan Pelayanan Publik terbaik. Disdukcapil Kota Bandung mendapatkan predikat A.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img