spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    PT Taspen Serahkan Taspen Smartcard kepada Nasabah bjb

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb bekerjasama dengan PT TASPEN (Persero) secara simbolis menyerahkan TASPEN Smartcard kepada perwakilan nasabah bank bjb dari Kacab PT TASPEN Bandung di Outlet bjb Precious, Jalan Teuku Umar,Kota Bandung, Senin (22/3/2021).

    Pemimpin Divisi Corporate Secretary (Corsec) bank bjb Widi Hartoto mengatakan, layanan TASPEN Smartcard adalah salah satu perwujudan kerjasama terbaru antara bank bjb dengan PT TASPEN. Di mana kedua belah pihak berkolaborasi membuat ATM/Debit Co-Branding atau disebut TASPEN Smartcard.

    PT TASPEN melakukan kerjasama serentak dengan seluruh bank pemerintah yang telah ditunjuk untuk bekerjasama. TASPEN Smartcard pun telah didistribusikan oleh bank bjb kepada para pensiunan TASPEN sejak September 2020.

    “Layanan ini juga berfungsi sebagai kartu pengganti Kartu Identitas Pensiunan (Karip). Pada TASPEN Smartcard pun dicantumkan Nomor Pensiunan (Notas) para nasabah,” kata Widi.

    BACA JUGA:  bank bjb Teken Kerjasama dengan PT Taspen

    Tidak hanya itu, TASPEN Smartcard juga memudahkan para pensiunan untuk mengambil uang tunai di jaringan ATM bank bjb atau ATM jaringan kerjasama lainnya tanpa harus mengantre di counter teller cabang. Kemudahan tersebut sesuai untuk diterapkan di era pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak guna mengurangi penyebaran Covid-19.

    “TASPEN Smartcard ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran yang memiliki fasilitas tambahan program promosi dan diskon di beberapa merchant yang telah bekerjasama dengan PT TASPEN (Persero),” kata dia.

    TASPEN
    Penyerahan Taspen Smartcard secara simbolis kepada nasabah bank bjb (foto IST)

    “Nasabah yang baru menginjak masa pensiun dan ingin mendapatkan fasilitas TASPEN Smartcard, nasabah dapat terlebih dahulu membuka rekening tabungan bjb Tandamata Purnabakti. Proses ini dapat dilakukan di selutuh jaringan kantor bank bjb,” kata Widi menambahkan.

    Adapun perjanjian kerjasama antara PT. TASPEN (Persero) dengan bank bjb secara nasional telah dilakukan sejak 2010. Kerjasama yang dilakukan di antaranya meliputi Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian melalui Rekening Bank.

    Berbagai kemudahan pelayanan untuk para nasabah pensiunan juga terus ditingkatkan oleh PT TASPEN (Persero) sesuai dengan perkembangan era digital. Salah satunya melalui proses otentikasi di smartphone. Proses sederhana tersebut memungkinkan nasabah pensiunan untuk dikenali identitasnya tanpa perlu mengantre ke customer service bank. Sehingga, nasabah dapat mengambil uang pensiun di ATM terdekat.

    Perwakilan nasabah bank bjb Sumarwan Hadisoemarto mengatakan bahwa TASPEN Smartcard telah mempermudah dirinya untuk mengambil uang pensiun. Dia tidak perlu lagi mengantre di bank setiap bulannya. Dia hanya perlu melakukan proses otentifikasi melalui smartphone pribadi untuk kemudian memperoleh dana lewat ATM terdekat.

    “Saya sudah menjadi nasabah bank bjb sejak jadi ASN tahun 1986. Smartcard TASPEN ini memudahkan saya untuk mengambil uang pensiun, apalagi saya termasuk kelompok rentan terpapar corona. Tidak perlu datang ke bank, saya bisa ambil uang di ATM setelah melakukan otentifikasi di HP,” kata Sumarwan.

    Selain itu, transaksi rutin seperti membayar tagihan air dan telepon juga bisa dilakukan di mobile banking bjb. Sehingga, mobilitas untuk bertransaksi ke luar rumah sudah sangat terminimalisasi.

    “Terima kasih bank bjb dan TASPEN, semoga ke depan bank bjb dan TASPEN bisa memberikan fasilitas layanan yang lebih baik lagi,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img