spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Cara Awet Muda Secara Alami

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ingin tampil awet muda secara alami, memang sangat didambakan Setiap orang, berbagai cara agar awet muda tidak sedikit yang rela berkorban materi, waktu, dan lainnya.

    Saat ini, tips awet muda sangat identik dengan berbagai upaya yang sulit dan mahal. Namun sebenarnya, terdapat beberapa rahasia awet muda yang alami dan sederhana seperti dilansir dari klikdokter. Berikut caranya:

    1. Konsumsi Omega-3
    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Cara agar awet muda lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi omega-3. Anda tentu sudah tahu bahwa selain bagus untuk kulit, omega-3 juga berperan dalam kesehatan jantung.

    BACA JUGA: Air Sumur Cikahuripan Dipercaya Bikin Awet Muda?

    Omega-3 dapat ditemukan pada salmon, walnut, berbagai biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran.

    2. Perhatikan Makanan Anda

    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Tidak hanya kesehatan kulit, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga perlu diperhatikan agar tetap awet muda.

    Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki pola makan yang sehat. Perhatikan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan Anda. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat.

    Sebaiknya singkirkan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral hingga serat Anda terpenuhi dengan baik.

    3. Hindari Stres

    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Menjaga kesehatan mental adalah tips awet muda yang sangat penting. Hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.

    Kondisi stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan yoga atau sekadar berjalan-jalan dengan keluarga atau sahabat.

    4. Jauhi Rokok dan Alkohol

    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Salah satu cara membuat wajah awet muda adalah menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kesehatan. Contohnya, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

    Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari keduanya.

    5. Olahraga Teratur

    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Olahraga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka dapat mengencangkan otot tubuh dan membuat Anda terlihat awet muda.

    Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu dan dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

    6. Lindungi Kulit Setiap Hari

    FOKUSJabar.id Awet Muda
    Ilustrasi ( Web )

    Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, sangat penting untuk memperhatikan waktu dan durasi ketika Anda berjemur.

    Sangat disarankan untuk berjemur sekitar pukul sembilan pagi, dengan durasi 5-15 menit. Saat harus bepergian, gunakanlah tabir surya sehingga kulit dapat terlindung dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa mempercepat proses penuaan. Karenanya, jangan sepelekan cara agar awet muda yang satu ini.

    Pola hidup sehat di atas memang tidak akan terlihat dalam sekejap mata. Namun, tindakan tersebut dapat menjadi bagian dari investasi untuk sehat sepanjang masa.

    (Nendy)

    Berita Terbaru

    spot_img