Kamis 21 Januari 2021

1.500 BLU Kendaraan di Banjar Dimusnahkan

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar memusnahkan 1.500 Bukti Lulus Uji (BLU) kendaraan menyusul regulasi baru, yakni pelayanan pengujian berkala kendaraan dengan BLU elektronik. Pemusnahan dilakukan oleh Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjar, Jabar, Kamis (14/1/2021).

Kadishub Kota Banjar Ajat Sudrajat mengatakan, pemusnahan itu dilakukan sesuai anjuran, menyusul akan diganti dengan BLU elektronik pada layanan berkala kendaraan bermotor.

“Jadi ada beberapa jenis BLU, yakni buku BLU, sertifikat, stiket dan plat. Namun jenis lainnya sudah habis sejak 2009. Yang dimusnahkan hari ini adalah buku. Adapun pelayanan berkala kendaraan bermotor dengan BLU elektronik baru akan dimulai Januari 2021 ini,” kata Ajat.

Untuk diketahui, penerapan BLU elektronik sudah diterbitkan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat dengan Perdirjen Hubdat Nomor KP.1743/AJ.502/DRJD/2020 tentang Pedoman Penerbitan BLU elektronik.

BACA JUGA: Menyusul BLU elektronik, 1.500 BLU Dimusnahkan

Tujuan digulirkannya BLU elektronik ini untuk mempermudah distribusi dan penerbitan buktinya pun cepat, efisien, terintegrasi dan transparan.

(Budiana Martin/LIN)

Artikel Lainnya

1.500 BLU Kendaraan di Banjar Dimusnahkan 1
1.500 BLU Kendaraan di Banjar Dimusnahkan 2