Minggu 28 Februari 2021

Judo Pertandingan 26 Nomor di Porprov XIV Jabar, Robinhud: Untuk Keberlangsungan Pembinaan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Cabang olahraga judo diputuskan mempertandingkan 26 nomor pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar tahun 2022. Kabupaten Subang akan menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga judo.

“Sebelumnya, kita mengajukan 34 nomor pertandingan di Porprov XIV Jabar. Berdasarkan kajian KONI Jabar, ditetapkan 26 nomor pertandingan dan sama dengan saat Porprov XIII Jabar tahun 2018 di Kabupaten Bogor,” Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Barat Robinhud MC Jhon saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (11/1/2021).

Penetapan 26 nomor pertandingan tersebut, lanjut dia, melalui perjuangan dari jajaran pengurus. Sebelumnya, judo hanya diberikan kuota untuk mempertandingkan 22 nomor pertandingan di Porprov XIV Jabar.

“Tapi kita terus berupaya bagaimana caranya, minimal, bisa sama dengan waktu di (kabupaten) Bogor. Dan akhirnya ditambah empat jadi 26 nomor,” kata dia.

Penambahan empat nomor tersebut, diakui Robinhud, sebagai upaya keberlangsungan pembinaan judo di kota/kabupaten. Pasalnya, ajang Porprov merupakan ajang yang ditunggu para atlet dan daerah.

“Kalau tidak bisa bertanding di Porprov, para atlet akan kehilangan semangat untuk berlatih dan pembinaan di daerah akan turun. Porprov ini berbeda dengan kejuaraan yang bentuknya single even,” Robinhun menambahkan.

BACA JUGA: PON XX Tahun 2021, Target Medali Tim Judo Jabar Turun

fokusjabar.id RAKER PJSI Jabar porprov xiv
Perwakilan pengcab PJSI Kota/Kabupaten se-Jabar berfoto bersama usai pelaksanaan Raker Pengprov PJSI Jabar. (FOTO: Ageng)

Untuk itu, pihaknya sangat berterimakasih dengan penetapan 26 nomor pertandingan di ajang Porprov XIV Jabar tahun 2022. Tak hanya itu, pihaknya pun mengapresiasi dan bangga dengan pembinaan yang terus dilakukan setiap daerah.

“Saat ini, kita sudah memiliki empat lapis atlet dan itu berkat pembinaan yang kontinyu serta konsisten dilakukan daerah-daerah. Semoga bisa menjadi pengganti para seniornya kedepan dan ajang Porprov ini menjadi salah satu kawah candradimukanya atlet,” Robinhud menerangkan.

Selain itu, menjelang Porprov XIV Jabar, pihaknya berkesempatan mendekati bupati dan wali kota untuk pengembangan judo di kabupaten dan kota masing-masing. Rencananya, pihaknya akan mengirimkan pelatih dan atau atlet sebagai pemacu berjalannya pembinaan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

“Di kepengurusan PJSI Jabar kali ini, kita terus mendorong dan membantu setiap daerah dari sisi pembinaan. Termasuk dibantu oleh daerah lain yang dari sisi pembinaan sudah lebih baik. Dengan demikian, akan tercipta persaingan yang sehat dan ujungnya pada pencapaian prestasi Jabar,” kata dia.

Untuk pelaksanaan pertandingan cabor Judo di Porprov XIV Jabar, kata Robinhud, ditetapkan akan digelar di Subang. Pasalnya, tuan rumah pelaksana sebelumnya menyatakan tidak sanggup dan tidak memiliki fasilitas yang memadai.

“Sebelumnya itu ditetapkan di Kota Banjar, tapi mundur karena tidak sanggup dan minim fasilitas. Akhirnya dipindahkan ke Subang, bahkan mereka cukup antusias sebagai tuan rumah pelaksana pertandingan judo. Semoga saja dari ajang Porprov XIV ini bisa melahirkan atlet-atlet judo berprestasi,” kata dia.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Judo Pertandingan 26 Nomor di Porprov XIV Jabar, Robinhud: Untuk Keberlangsungan Pembinaan 1